Daerah

Keren, Pemerintah Pusat Menilai Gapoktan Menjadi Sentra Pangan Pertanian

Dibaca : 428

Pesisir Selatan, Prokabar – Tim Leader Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) dari pemerintah pusat melakukan survei dalam persiapan menjadi sentra pangan pertanian, Jumat (23/4).

Survei dilakukan oleh IPDMIP kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Batang Timbulun, Nagari Taratak, Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Ketua Gapoktan Batang Timbulun, Buskamil mengaku, sangat berterima kasih atas kepercayaan pemerintah dalam membina dan mengembangkan Gapoktan Batang Timbulun masuk sebagai lembaga kelompok yang dipersiapkan menjadi sentra pangan dalam meningkatkan pengembangan pertanian di daerah.

Karena sejauh ini, upaya kelompok dalam mewujudkan produktivitas pertanian, Gapoktan Batang Timbulun sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Diantaranya, mulai dari rice milling unit (RMU) atau mesin penggiling padi dengan kapasitas 500 sampai 700 kilogram per jam, lumbung pangan gabah 6 ton, desa mandiri benih (DMB), UPJA hingga aset lain dengan areal daerah irigasi mencapai 1100 hektare.

Bahkan, sampai saat ini sejumlah sarana dan prasarana masih berfungsi baik, dan sedikit banyak sudah berdampak banyak terhadap pengembangan pertanian di daerah, diantaranya mulai dari pengelolaan dari hulu sampai hilir atau dari pembibitan hingga jadi beras sampai pemasaran.

“Sehingga tentu dengan adanya program IPDMIP ini kami merasa terbantu, apalagi ada sekolah lapangan (SL) dengan 12 kali pertemuan dalam satu tahun ini, dan itu sangat menambah SDM petani untuk melaksanakan berbagai macam teknologi dalam peningkatan hasil panen,” ujarnya.

Namun dari itu, ungkap Buskamil, saat ini, Gapoktan Batang Timbulun kembali mendapat program dari pemerintah pusat melalui program IPDMIP dalam mencapai keberlanjutan sistem irigasi dalam pertanian.

“Kami berharap pada pemegang kebijakan dalam hal ini pemerintah pusat dan daerah bisa mewujudkan pengadaan Sentra Pangan di gapoktan batang timbulun. Karena dengan itu, tentu Gapoktan Timbulun akan lebih menggeliatkan lagu dalam mengupayakan cita-cita bersama dalam pengembangan pertanian dari hulu hingga ke hilir,” terangnya.

Terpisah, Kepala Seksi Penyuluhan, Pembiayaan dan Permodalan, Distanhorbun Pessel, Syafrianto mengaku, dari sekian banyak Gapoktan, Gapoktan Batang Timbulun satu-satunya disurvei langsung oleh Tim IPDMIP pusat dalam penge mbangan persiapan Gapoktan jadi sentra pangan pertanian.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top