Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kemungkinan Besar, Koalisi Kerakyatan di Tanah Datar Bakal Terbentuk

Dibaca : 625

Tanah datar, prokabar – Bursa Pencalonan Pilkada Tanah Datar kian hari kian menarik. Dari beberapa nama bakal pasangan calon yang muncul seperti Zuldafri Darma Sultani yang diusung Golkar dan PKS, Eka Putra Richi Aprian yang diusung Demokrat dan Gerindra, Betty Sadiq dan Aditiawarman yang diusung PAN dan PPP.

Namun, dari total kursi di DPRD yang bisa mengusung pada pilkada mendatang, partai Hanura, Nasdem dan PDIP sampai saat ini belum terdengar dan terlihat dalam menentukan pilihan mereka. Apakah nanti akan menjadi partai pengusung atau pendukung di pilkada Desember esok itu.

Hal ini diungkapkan Irwan Malin Basa, pengamat politik dari IAIN Batusangkar saat bincang bincang bersama awak media di Batusangkan, Rabu (25/8).

Menurut Irwan Malin Basa, jika ketiga partai yang memiliki kursi namun tidak mengusung calon, tidak menutup kemungkinan mereka akan ditinggalkan oleh pemilihnya. Bagaimana tidak, pada Pileg 2019 lalu, ketiga partai seperti Hanura, Nasdem dan PDIP memiliki suara yang cukup signifikan, dan ketiganya bahkan hampir mencapai 30 ribuan suara.

“Waktu pileg 2019 lalu, Nasdem memiliki suara sekitar 12 ribuan, Hanura sekitar11 ribuan, sedangkan PDIP sekitar 8 ribuan. Kalau ketiga partai itu tidak ikut mengusung, kemana mereka (pemilih) akan memilih,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, ketiga partai ini bisa membuka peluang koalisi kerakyatan untuk menjadi kompetitor dari bakal calon yang telah mengantongi tiket menuju pendaftaran di KPU september esok.

“Siapa yang diusung? tidak ada salahnya tokoh tokoh yang belum mendapatkan tiket dalam pilkada Tanah datar. Mengapa demikian?? ya karena mereka yang berkenginan untuk “mandi” di pilkada nanti,” tambahnya.

Sementara itu, terkait bursa pencalonan kepala daerah di Tanah Datar saat ini, Irwan Malin Basa melihat jika sebelum dibukanya pendaftaran oleh KPU pada 6 september esok, bursa pencalonan dari koalisi partai saat ini bisa saja berubah. Koalisi yang telah ada bisa saja layu sebelum berkembang.

Sementara itu, saat dimintai keterangannya terkait pencalonan kepala daerah dipilkada mendatang, salah satu kader partai Hanura membenarkan jika saat ini telah ada penjajakan terhadap 3 partai yang sampai saat ini masih menunggu restu dari pusat. Tidak menutup kemungkinan, koalisi kerakyatakan juga akan terbentuk dari gabungan tiga partai ini.

“Beberapa nama bakal calon kepala daerah yang telah merapat ke Hanura itu ada H. Ryan – Maswardi, Hendri Arnis Edi Arman, Muswar – Edi Arman, Jhon Enardi – Safrudin,” ungkap mantan sektretaris Hanura M Syukur.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Barat Dian Ihkwan tidak memungkiri koalisi kerakyatan di Tanah Datar bisa saja terbentuk sebagai kompetitor dipilkada Tanah Datar nantinya. Pihaknya, juga telah menjalin komunikasi dengan tiga partai yang saat ini belum menentukan sikap terhadap pencalonan pada pilkada nanti.

“Kalau peluang itu ada, 3 partai ini tidak akan cukup mengusung calon, jika tidak berkoalisi. Harus berkoalisi. Kemungkinan besar koalisi tiga partai ini terjadi, tentunya dengan musyawarah mufakat karena setiap partai punya mekanisme masing masing,” ungkapnya.

Dian menambahkan, koalisi yang akan dibentuk itu tak lain untuk membuka kran demokrasi seluas luasnya di Tanah Datar. Sehingga, masyarakat Tanah Datar dapat menentukan pilihan mereka dari pasangan calon yang berniat maju dan tidak mendapatkan rekomendasi dari partai.

“Saat ini, PDIP sifatnya masih menunggu hasil dari para paslon yang tengah mengejar tiket (rekomendasi) dari partai yang memiliki kursi dominan. Bagi kita, kita akan membuka kran demokrasi seluas luasnya. Bagi calon yang berniat maju dan merubah Tanah Datar ke yang lebih baik, kita usahakan untuk memfasilitasinya. Ini bukan sekedar politik praktis ya,” ujarnya.

“Sejauh mana komunikasi yang terjalin? Saatini kita sama Hanura, ditingkat DPC sudah berkomunikasi. Sementara Nasdem, juga sudah. Sekarang tengah menggodok itu,” tutupnya.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top