Trending | News | Daerah | Covid-19

Jalur Mudik

Kementerian PANRB Terjunkan Tim ke Jalur Mudik

Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa menyimak penjelasan dari Kapolres Cilegon AKBP Rizky Agung Prakoso dan Kepala ASDP Merak Fahmi Alweni mengenai kesiapan pelayanan arus mudik di Pelabuhan Merak, Jumat (08/06)
Dibaca : 218

Cilegon, Prokabar – Untuk memastikan kesiapan penyelenggara pelayanan publik di jalur mudik penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan meninjau Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (8/6).

Tim Kementerian PANRB yang dipimpin langsung Deputi Pelayanan Publik, Diah Natalisa, meninjau posko kesehatan gratis kerjasama antara ASDP Merak dan Kementerian Kesehatan RI dengan rujukan ke RS Krakatau Steel. Peninjauan juga dilakukan di Dermaga 6 eksekutif khusus motor, yang dilanjutkan ke dermaga 1 khusus mobil dan kendaraan besar.

Diah mengatakan, peninjauan ini merupakan bagian tugas dari Kementerian PANRB, terutama berkaitan dengan kesiapan pelayanan bagi para pemudik.

“Kita mulai acara ini dari Pelabuhan Merak. Selain mengevaluasi, kami juga memberikan motivasi kepada aparatur negara yang bertugas di lapangan pelayanan publik selama arus mudik dan arus balik lebaran,” ujar Diah.

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Rizky Agung Prakoso mengatakan, jajarannya sudah melakukan operasi Ketupat Kalimaya 2018 sebelum mulainya arus mudik. Dengan jumlah personel tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta memperlancar arus mudik di Pelabuhan Merak. “Kami membantu ASDP Merak, baik itu penyebrangan barang maupun orang. Bersama TNI, Kami sudah kerahkan 580 personel,” ujarnya di Pelabuhan Merak.

Pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak sendiri mempersiapkan 63 kapal dengan 144 trip per hari. “Dalam 24 jam 36 kapal, masing-masing dermaga dipersiapkan 6 kapal,” jelas kepala ASDP Merak Fahmi Alweni.

Untuk mengurai antrean, ASDP juga menambah loket penumpang, loket sepeda motor dan loket mobil kecil. “Untuk Loket kendaraan roda empat ke atas hanya 8, saya akan kondisikan menjadi 17,” imbuh Fahmi.

Peninjauan kesiapan pelayanan publik di Pelabuhan Merak ini menjadi titik awal Safari Mudik Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) dengan tagar #KenalLAPOR!saatmudik.

Melalui sistem online, masyarakat bisa mengadukan berbagai masalah mengenai pelayanan publik khususnya arus mudik Lebaran tahun ini.

Diah mengatakan, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan secara online di beberapa kanal antara lain sms 1708, twitter #LAPOR 1708, aplikasi android dan website www.lapor.go.id.

(*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top