Trending | News | Daerah | Covid-19

Mudik

Kemenhub Kerjasama Pembinaan Sukarelawan Dengan PMI

Foto : Humas
Dibaca : 237

Jakarta, Prokabar – Dalam upaya pembinaan relawan serta peningkatan pelayanan masyarakat khususnya masa angkutan lebaran tahun 2018, Kementerian Perhubungan dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menandatangani kerjasama dalam bidang pembinaan relawan dan kepalangmerahan. 

Penandatanganan kerjasama tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla yang juga bertindak sebagai Ketua PMI dalam Apel Siaga Peresmiaan Korps Relawan Palang Merah Indonesia pada Kamis (7/6).

Dalam kerjasama dibentuk Korps Sukarelawan yang anggotanya berasal dari taruna dan taruni Sekolah Tinggi di bawah Kementerian Perhubungan serta pelibatan relawan PMI dalam berbagai kegiatan pelayanan transportasi.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan kerjasama ini tidak hanya sebatas peningkatan kemitraan yang berkesinambungan antar lembaga dalam pelayanan masyarakat namun juga meningkatkan kapasitas dari masing-masing anggotanya. Selain itu juga meningkatkan peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat dalam kesiapsiagaan, pengurangan risiko dan tanggap darurat bencana,”terang Menhub, Budi Karya dalam rilis yang diterima.

Lebih lanjut pelaksanaan kerjasama ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program angkutan lebaran tahun 2018 yang dilaksanakan berturut-turut pada H-7 hingga H+7.

“Saya harap pembinaan relawan ini sebagai bentuk kontribusi kongkrit untuk mendukung angkutan lebaran tahun 2018 melalui pendirian pos pertolongan pertama (PP) di tempat yang rawan kecelakaan, terminal, stasiun, pelabuhan serta tempat wisata atau rekreasi,” jelas Menhub.

Sementara itu, dalam sambutannya Wapres RI Jusuf Kalla menyampaikan rasa terima kasih kepada relawan yang membantu dalam pelaksanaan angkutan lebaran tahun 2018.

“Sering terjadi masalah di lapangan seperti kemacetan, kecelakaan karena itu PMI kerjasama dengan Kemenhub dan instansi atau lembaga lain membutuhkan kerjasama agar para masyarakat yang mudik mendapat suatu pelayanan lalu lintas, kesehatan, makanan, istirahat dan petunjuk-petunjuk yang baik. Saya sampaikan tugas anda adalah membahagiakan orang, membahagiakan masyarakat, Sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih, selamat bekerja, ini amal ibadah karena anda bekerja pada saat orang ingin bahagia,” ujar Jusuf Kalla. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top