Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kemenag Agam Kawal Bantuan Wakaf Rp100 Juta Kemenag RI

Dibaca : 87

Agam, Prokabar — Jajaran Kementerian Agama Kabupaten Agam, melakukan pengawalan dan pengawasan terhadap dua pengurus masjid, bantuan Kementerian Agama RI. Bantuan pertama diberikan kepada Pengurus Masjid Darul Ihsan, Jorong Baso, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso.

“Bantuan ini berawal jajaran Kementerian Agama melakukan kunjungan ke mesjid kami. Sehubungan adanya salah seorang donatur mewakafkan lahannya untuk meningkatkan kemakmuran masjid,” Ungkap Yondril Hamidi, Nazir Wakaf sekaligus pengurus Masjid Darul Ihsan Baso.

Bantuan langsung dibangunnya sebuah bangunan, berupa kantor sekaligus tempat istirahat. Serta pagar pembatas lahan perkebunan wakaf produktif itu. “Lahan sudah ditanami sayur-sayuran, buah labu, cabe dan saat ini tanaman jeruk,” terangnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Edi Oktaviandi mengaku kagum dan senang atas realisasi bantuan wakaf produktif Kementerian Agama RI itu sejauh ini berjalan baik dan lancar. Mengapresiasi pihak Nazir Wakaf yang telah bagus melakukan pengelolaan. Meski masih akan ada beberapa catatan dan bimbingan lebih lanjut.

Selain Pengurus Masjid Darul Ihsan Baso, juga Pengurus Masjid Darul Amal Toboh, Kecamatan Malalak mendapat bantuan dana serupa. “Di sini pengurus masjid mengembangkan usaha kolam ikan. Dari kolam ikan ternyata juga diminati masyarakat untuk kolam pemandian atau kolam renang,” ujar Kakan Kemenag Agam.

Kita berharap lanjut Edi, pengembangan usaha ini menjadi percontohan bagi pengurus masjid lainnya. Mampu mengelola dan pengembangan usaha untuk kemakmuran masjid beserta masyarakat kurang mampu. “Terutama masyarakat yang sangat membutuhkan dorongan peningkatan kesejahteraan. Sehingga dapat mengurangi ketimpangan sosial ekonomi umat muslim. Apalagi Di saat pandemi Covid-19 ini,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top