Wisata

Keindahan Puncak Kasumbo Siap Sambut Perantau

Batusangkar, Prokabar –Kecamatan Sungayang, Tanah Datar, Sumbar memiliki potensi alam yang indah. Seperti halnya Puncak Kayu Sabatang atau yang lebih dikenal dengan Puncak Kasumbo. Puncak yang berjarak 1,2 kilometer dari jalan raya Batusangkar-Lintau, dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30 menit.

Suasana di Puncak Kasumbo (eym/PROKABAR)

Dahulunya lokasi ini menjadi tempat istirahat bagi masyarakat usai mencari kayu ataupun buah dama (kemiri). Kini, disulap menjadi tempat wisata panorama alam yang terbuka untuk umum. Dari Puncak, pengunjung dapat menikmati pesona alam Tanah Datar. Hamparan sawah dan jajaran Bukit Barisan nan hijau menghampar luas sejauh mata memandang.

Destinasi ini sengaja dibangun oleh nagari, kerapatan adat nagari dan masyarakat Sungayang guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan sebuah wisata alam. Meski tergolong baru, namun objek wisata ini selalu ramai dikunjungi terutama kala sore hari.

Suasana di Puncak Kasumbo (eym/PROKABAR)

“Puncak Kasumbo dilalui aliran sungai batang Tampunik. Puncak ini dapat dimanfaatkan pencinta motor trabas untuk uji nyali, karena lokasi ini sangat mendukung untuk olah raga yang satu ini,” sebut Sainir Datuak Sangguno Dirajo, ketua Kerapatan Adat Nagari Sungayang kepada Prokabar, belum lama ini.

Suasana di Puncak Kasumbo (eym/PROKABAR)

Selain itu, Puncak Kasumbo sengaja dibuka untuk umum jelang Ramadhan 1439 H. Tujuannya dapat menyambut perantau Sungayang yang dikabarkan akan pula _basamo_ pada lebaran mendatang. “Tahun lalu di Puncak Kasumbo, masyarakat setempat mendirikan tiang bendera setinggi 25 meter dan pada 17 Agustus mengibarkannya untuk mengingat hari lahirnya bangsa ini,” papar Sainir.

Suasana di Puncak Kasumbo (eym/PROKABAR)

Saat ini untuk akses jalan menuju lokasi puncak sudah besar sehingga dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4. Pihak nagari pun bertekat dalam 6 bulan kedepan akan segera melakukan pengaspalan jalan. “Jika sedang musim hujan akses jalan ini tidak bisa dilalui karena licin dan berlumpur. Karena itu diharapkan partipasi penuh oleh perantau Sungayang yang ada diseluruh Nusantara ini,” harapnya. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top