Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kecamatan Bayangutara Bakal Jadi Sentra Sayur di Pesisir Selatan

Dibaca : 233

Pesisir Selatan, Prokabar — Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) melakukan pemetaan atau pengelompokan kawasan berbasis potensi guna mendorong dan meningatkan kepercayaan konsumen untuk membeli hasil produksi petani sesuai harga pasar.

Kepala Distanhortbun Pessel, Nusirwan mengatakan, pihaknya terus melakukan dorongan kepada masyarakat petani di daerah itu agar memiliki kawasan sentra produksi.

“Langkah ini mesti dilakukan agar Pessel memiliki kawasan-kawasan produksi unggulan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sebab pola ini akan memberikan dampak keuntungan bagi petani dalam mendapatkan jaminan pasar,” katanya, dilansir Prokabar dari MC Pessel, Jumat (27/9).

Dia mengungkapkan, khusus perkebunan kelapa sawit, potensi besarnya ada di Kecamatan Airpura, Pancungsoal, Basa Ampek Balai, Ranah Ampek Hulu, Lunang dan Kecamatan Silaut.  

Sementara produksi padi berada pula di bagian tengah hingga utara yang meliputi Kecamatan Linggo Sari Baganti, Ranahpesisir, Lengayang, Sutera, Batangkapas, IV Jurai, Bayang dan Koto XI Tarusan.

“Khusus tanaman sayur-sayuran, ada  di bagian timur yang meliputi sebagian Kecamatan Bayang, dan Kecamatan Bayangutara. Karena potensi itu, sehingga dua kecamatan ini kita tetapkan sebagai sentra sayuran di Pessel,” ujarnya.

Dijelaskan bahwa, jenis sayuran yang dikembangkan di dua kecamatan itu adalah bawang merah, kol, markisa, tomat, cabai, buncis, dan lainya.  

“Berbagai jenis sayuran itu bisa dikembangkan, sebab kecamatan Bayang dan Bayangutara berada pada daerah ketinggian dengan iklim yang dingin, serta curah hujan tinggi. Potensi pengembangan lahan sayuran di dua kecamatan ini mencapai 5.000 hektare,” tutup dia. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top