Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Kawasan Samota, Masa Depan NTB Kebanggaan Indonesia

Dibaca : 206

Sumbawa, Prokabar — Selain Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kabupaten Lombok Tengah yang telah dikembangkan oleh pemerintah Provinsi NTB, Pulau Sumbawa juga memiliki kawasan yang menjanjikan yaitu Kawasan Teluk Saleh, Moyo, Tambora disingkat (Samota).

Pulau Moyo dikenal karena keindahan Alamnya, Teluk Saleh dengan kekayaan bahari lautnya dan potensi kemaritimannya juga luar biasa, kemudian Tambora dengan sejarah letusannya yang merubah separuh iklim belahan dunia.

“Seluruh potensi dari kawasan Samota ini adalah salah satu masa depan NTB yang akan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia,” kata Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi saat memberi sambutan pada pembukaan Sail Moyo Tambora di Pelabuhan Badas Sumbawa Besar, Minggu (9/9) kemarin.

Gubernur yang kerap disapa TGB ini menegaskan bahwa kawasan Samota ini akan memberikan kontribusi tidak hanya ekonomi tetapi juga kekokohan masyarakat sebagai satu bangsa.

Kawasan sekitar Samota menjadi bukti bahwa daerah yang semula sangat minim kontribusi ekonominya, karena dengan sentuhan yang tepat sekarang sudah menjadi sentra jagung utama di Indonesia.

“Dari kabupaten Dompu dan Sumbawa, saya ucapkan terima kasih banyak, atas kontribusi jagungnya selama ini,” ungkap TGB Bersemangat.

Gubernur dua periode ini juga menjelaskan, pulau Sumbawa sesungguhnya telah dikarunia oleh Allah SWT tidak hanya kekayaan mineral yang luar biasa, tetapi juga keindahan alam yang sangat eksotik.

“Pulau Moyo adalah pulau yang sangat terkenal dengan keindahannya oleh siapapun yang mencari keindahan di dunia,” jelas TGB kepada para Menteri dan tamu undangan lainnya. Pada Tahun 1993, putri Lady Diana bersama sang suami, pangeran Charles (anak sulung dari Ratu Elizabeth II) pernah menginap di pulau nan indah itu. Lady Diana adalah ibu kandung dari dua pangeran Inggris saat ini yaitu William dan Harry. Namun, pada tahun 1997 ibu dua pangeran ini harus menghembuskan nafas terakhir karena kecelakaan mobil di kota Paris Prancis.

Selain Lady Diana, maka pulau ini juga pernah di kunjungi oleh musisi Mick Jagger Vokalis utama Grup musik The Rolling Stones berkebangsaan Inggris. serta mantap kiper Manchester United, Edwin Van der Sar dan beragam pesohor dari seluruh dunia.

“Banyak orang yang ingin mendapatkan sesuatu yang istimewa, mereka datang dan menikmati keindahan pulau Moyo,” tutur cucu tuan guru pancor tersebut.

Sail Moyo Tambora 2018 merupakan bagian dari ikhtiar NTB untuk mensukseskan Wonderful Indonesia, yang terus menerus diikhtiarkan oleh para menteri terkait dibawah arahan presiden RI.

“Kami berharap bahwa selain opening ceremony ini, juga merupakan momentum untuk memulai pembangunan pariwisatan lebih hebat lagi di pulau Sumbawa. Melengkapi potensi pulau Lombok yang sudah berkembang dan dikenang di se-antero dunia,” harapnya bersemangat. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top