Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Bupati Agam Keluarkan Surat Intruksi

Dibaca : 397

Agam, Prokabar — Peningkatan kasus positif terinfeksi Covid-19 terus melonjak di Kabupaten Agam. Setelah kluster perjalanan orang keluar daerah dan perantau pulang kampung, kini timbul dari pesta pernikahan dan pasar.

“Sejauh ini, telah tercatat sebanyak 23 warga yang terkonfirmasi dari kluster Baralek di Agam. Sampai kemarin siang, tercatat lagi penambahan enam kasus warga terpapar dan lima diantaranya berasal dari kluster pesta pernikahan. Lima orang warga Pasia Laweh yang terkonfirmasi positif Covid-19 usai dilakukan tracing,” ungkap Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam, Senin (31/8).

Melihat kondisi itu, Bupati Kabupaten Agam, Indra Catri dan jajaran terpaksa mengeluarkan kebijakan penghentian sementara pesta perkawinan. Melalui Intruksi Bupati Agam nomor 3 tahun 2020.

Dalam sebulan terakhir lanjutnya, penyebaran Covid-19 di Agam meningkat drastis. Bumerang ini dipicu adanya kelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat seiring diberlakukan kebijakan new normal.

Pelarangan ini berlaku sampai keluarnya aturan baru atau dalam batas waktu yang belum dapat ditentukan.

“Intruksi ini telah tersebar untuk seluruh kepala dinas, badan, instansi pemerintahan, seluruh Camat Se-Kabupaten Agam, Seluruh Walinagari, dan seluruh direktur BUMN/BUMD dan swasta Se-Kabupaten Agam,” terangnya.

Akad nikah masih bisa dilakukan dengan syarat memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, terbatas dengan jumlah maksimal 20 orang. “Untuk orang yang datang dari luar daerah, wajib mengikuti Tes Swab. Pelaksanaan intruksi ini dilaporkan satu kali seminggu di hari senin, kepada Bupati Agam melalui Sekretaris Daerah,” pungkasnya. (O)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top