Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Karang Taruna Taratai Putih Dinilai Tim Provinsi

Dibaca : 466

Padang, Prokabar — Karang Taruna Taratai Putih, Kelurahan Kampung Jua Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg), dinilai dalam ajang Penilaian Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019.

Penilaian tersebut berupa peninjauan lapangan dari tim penilai yang diketuai Esti Pratiwi di sekretariat Karang Taruna Taratai Putih di dalam Kantor Lurah Kampung Jua Nan XX, Senin (1/7) kemarin.

Kegiatan diawali dari penyambutan tim penilai disertai penyampaian kata sambutan dari Wali Kota Padang yang diwakili Sekda Amasrul serta Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago.

Sekda Amasrul menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan selamat datang kepada tim penilai dalam rangka melakukan penilaian bagi Karang Taruna Taratai Putih yang mewakili Kota Padang dengan masuk nominasi 5 besar dalam ajang Penilaian Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Sumbar 2019.

“Alhamdulillah, Karang Taruna Taratai Putih sukses masuk 5 besar di tingkat provinsi. Kita berharap nantinya bisa mewakili Sumbar untuk penilaian tingkat nasional. Dan semoga pula menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” harapnya.

Amasrul mengatakan, capaian penilaian ini bukanlah tujuan semata, karena yang terpenting adalah kehadiran karang taruna bisa menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Selain itu juga diharapkan mampu berinovasi dan mencari solusi untuk pembangunan generasi muda. Antara lain terkait dengan masalah pendidikan, kesehatan, mengatasi kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya.

“Untuk itu seluruh pengurus karang taruna teruslah aktif membangun penyelenggaraan kesejahteraan di tingkat kelurahan dan bergerak sebagai motor dalam perlindungan masalah sosial. Kemudian berikanlah kontribusi untuk membantu pemerintah dalam penurunan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan angka kemiskinan. Begitu juga membantu pemerintah menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan dalam bentuk usaha ekonomi produktif (UEP),” imbuhnya memotivasi.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago mengungkapan rasa syukur dan apresiasinya kepada Karang Taruna Taratai Putih yang telah bekerja keras dalam ajang penilaian pilar-pilar berprestasi tersebut. Mulai dari seleksi tingkat Kota Padang, hingga dilanjutkan ke tingkat provinsi dengan masuk nominasi 5 besar dan selangkah lagi menuju nasional.

“Tertumpang harapan kita kepada Karang Taruna Taratai Putih, dan semoga mampu mengukir prestasi dengan mewakili Sumbar pada tingkat nasional nantinya. Sebagaimana alhamdulillah, dalam dua tahun berturut-turut Karang Taruna Kota Padang sukses menjadi juara di tingkat nasional. Yakni Karang Taruna Batuang Sarumpun yang meraih juara satu tingkat nasional tahun 2017, dan Karang Taruna Mabest meraih juara tiga tingkat nasional 2018,” sebutnya.

Camat Lubeg Wilman Muchtar juga menyampaikan, sejalan dengan penilaian tersebut menurutnya menandakan bahwa Kecamatan Lubeg merupakan gudang penghasil pemuda terbaik sebagai generasi penerus harapan bangsa.

“Dan kami di pemerintah kecamatan Lubeg, siap mendukung semua kegiatan kepemudaan yang positif, salah satunya melalui keberadaan karang taruna di 15 kelurahan yang ada di kecamatan ini,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Esti Pratiwi menyebutkan, pada 20-21 Mei 2019 lalu tim penilai sudah melaksanakan penilaian bagi karang taruna yang mewakili 19 kabupaten/kota se-Sumbar. Setelah melakukan penilaian secara administrasi, mendengarkan ekspos dan wawancara, Kota Padang masuk 5 besar tingkat provinsi yang diwakili Karang Taruna Taratai Putih.

“Maka itu maksud kami datang kali ini, yaitu ingin melakukan pembuktian apakah ekspos dan wawancara yang disampaikan ketua karang taruna pada waktu itu cocok ga di lapangan. Kita tentu berharap, karang taruna mana yang mewakili Sumbar di tingkat nasional nanti dapat meraih juara satu hendaknya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu juga dihadiri unsur Forkopimda Kota Padang, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi, Ketua Karang Taruna Sumbar Mahdianur, Karang Taruna Kecamatan Lubeg Risyandi, lurah se-Kecamatan Lubeg dan seluruh elemen masyarakat dan kepemudaan di Kelurahan Kampung Jua Nan XX. (rel/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top