Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Karang Taruna Punya Andil Besar di Tengah Masyarakat

Dibaca : 483

Tanahdatar, Prokabar – Organisasi Karang Taruna harus menjadi salah satu organisasi yang memiliki andil besar di tengah masyarakat. Sebab, organisasi dibawah naungan Dinas Sosial tersebut harus menjadi pelopor kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat.

“Kepeloporan itu diwujudkan dalam upaya merintis dan menggerakkan inovasi, serta kreativitas pengurus dan warga karang taruna dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan pengembangan generasi muda,” ujar Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat Budi Syahputra, didampingi Wakil Ketua Karang Taruna Tanah Datar Nasrul Chaniago, saat penyuluhan dan pembinaan Karang Taruna Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru, Senin (21/9).

Budi mengatakan, jika untuk menjadi pelopor tersebut tidaklah gampang dan harus konsisten dan siap dengan segala resiko. Artinya, warga Karang Taruna harus pejuang yang berkepribadian, berpengetahuan, serta terampil dan selalu berkarya,” ujar Budi Syahputra yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Forum Karang Taruna Tanah Datar itu.

Disamping itu, Karang Taruna dapat menjadi pilar sosial yang mampu mewujudkan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda dalam mengantisipasi, mencegah, dan menangkal berbagai permasalahan sosial khususnya di kalangan generasi muda di Tanahdatar pada umumnya.

“Dengan karakter generasi muda yang berpengetahuan, berkepribadian, terampil, cerdas, inovatif dan berkarya kita berharap bisa menjadi mitra terpercaya pemerintah nagari dalam rangka membangun nagari,” ujarnya.

Dikatakannya, melalui pelatihan ini, warga Karang Taruna diharapkan menjadi aktif dan produktif. Akhirnya organisasi dapat hidup secara mandiri. Karena berbagai keterampilan dipelajari dalam organisasi ini.

“Warga Karang Taruna yang berbakat dalam bidang elektronik dididik untuk memahami dan terampil menggarap bidang elektronik. Begitu juga yang menyenangi kegiatan bidang jahit-menjahit dan memasak. Mereka dilatih untuk terampil membuat macam-macam makanan dan pakaian,” ungkapnya.

Kegiatan-kegiatan ini direncanakan menurut keadaan dan kemampuan daerah masing-masing.

“Kegiatan ini merupakan penguatan dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya.

Disebutkan Budi Syahputra, Karang Taruna bisa tumbuh dan berkembang dari generasi muda, yang diurus dan dikelola untuk kepentingan generasi muda dan masyarakat.

“Semua program dan kegiatan yang diselenggarakan ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, terutama generasi muda,” ujanya.

Untuk saat ini menurut Budi, pertumbuhan Organisasi Karang Taruna di Tanahdatar telah mencapai 85 persen. Dimana dari 75 nagari yang ada di Tanah Datar, telah berdiri 60 an Karang Taruna yang didalam perjalannya telah banyak membantu pihak nagari dalam bidang sosial.

“Peranan Karang Taruna juga ikut andil dalam pencegahan penyebaran Covid terutama di nagari-nagari. Kendalanya, kita masih butuh penerapan penambahan wawasan agar persoalan internal pengurus di nagari-nagari tidak terjadi lagi, ” pungkasnya. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top