Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Olah Raga

Kapolda Sumbar Buka Kejuaraan Dayuang Palinggam

Padang, Prokabar – Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal membuka secara resmi kejuaraan dayung tradisional “Dayuang Palinggam”, Rabu (20/2) di Seberang Palinggam, Kota Padang. Kejuaraan kali ini diangkat dengan tajuk Piala Kapolda Sumatera Barat total hadiah Rp100 juta.

Dalam kesemptana itu, Kapolda menyatakan kejuaraan Dayuan Palinggam ini adalah salah satu upaya mengangkat kembali marwah Dayuang Palinggam yang namanya sudah terkenal tersebut. “Kita ingin olahraga tradisonal ini kembali ke kejayaannya,” katanya.

Selain itu, dia juga menyatakan Polda Sumbar akan mengagendakan kejuaraan ini dilaksanakan setiap tahunnya. “Kalaupun saya nanti pindah tugas ke daerah lain, namun kejuaraan ini akan tetap dilaksanakan oleh Kapolda selanjutnya. Ini akan diagendakan tiap tahun karen ada piala bergilirnya,” kata Kapolda yang juga sumanda orang Palinggam itu.

Dia berharap, dengan adanya kejuaraan itu, akan bisa melahirkan atlet-atlet potensial khususnya dalah cabang dayung. “Khusus untuk masa kampanye ini, kita harap kejuaraan ini bisa sekaligus meredam gejolak yang mungkin timbul selama masa kampanye sekaligus menangkal hoaks,” ujarnya,

Sementara Ketua Panitia Novermal menyatakan kejuaraan Selaju Sampan “Dayuang Palinggam” Piala Kapolda Sumbar 2019 ini digelar di sungai Batang Arau di Seberang Palinggam, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang pada tanggal 21 sampai 24 Februari 2019. “Total jadiahnya Rp100 juta,” katanya.

Novermal menyatakan diangkatnya kembali kejuaraan Selaju Sampan “Dayuang Palinggam” ini adalah buah kecintaan Kapolda Fakhrizal terhadap olahraga tradisional Minangkabau.

“Dan, Dayuang Palinggam punya ikatan batin dengan Bapak Kapolda, karena beliau adalah Sumando Rang Palinggam, dan mertua beliau adalah salah satu tokoh Palinggam yang membuat “Dayuang Palinggam” melegenda,” jelasnya.

“Bapak Kapolda ingin olahraga dayung tradisional ini hidup kembali, dan diharapkan bisa jadi iven tahunan yang mempererat silatirahmi antar sesama anak Minangkabau. Dan, iven ini juga sekaligus bertujuan untuk merealisasikan program kali bersih di sungai-sungai yang ada di kota Padang, khususnya di Batang Arau,” ulasnya.

Dijelaskannya, nomor selaju sampan yang dipertandingkan adalah, 12 Pedayung 400 Meter untuk Umum (kejuaraan terbuka), dan 12 Pedayung 250 Meter khusus untuk tim dayung Polri. “Dari total hadiah Rp100 juta itu, rinciannya, masing-masing nomor, Juara I Rp25 juta, Juara II Rp15 juta dan Juara III Rp10 juta,” jelas Novermal.

Untuk kejuaraan antar Polres yang diikuti 21 Polres se Sumbar itu, keluar sebagai juara pertama Polres Solok Arosuka, kedua Polres Dharmasraya dan ketiga Pol Airud.(mbb)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top