Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kantor Camat Tanjung Raya Sudah Ada Bilik Sterilisasi

Dibaca : 500

Maninjau, Prokabar — Menanggapi kewaspadaan dan kesiapsiagaan penanganan Covid 19, Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya membuat Bilik Sterilisasi di ruangan pelayanan, Jumat (27/3). Bertujuan untuk safety atau pengamanan pencegahan penyebaran virus berbahaya itu di lingkungan jajaran ASN atau petugas, perangkat nagari dan jorong yang menjalankan tugas.

Bilik Sterilisasi yang didahului penyedian pencucian tangan antiseptik dan satu galon air, digunakan disaat ada orang atau petugas hendak memasuki ke Kantor Kecamatan. Petugas akan lebih aman, jika didahului mencuci tangan dan mendapat penyemprotan cairan antiseptik atau sejenisnya. Sehingga aman dan tidak menularkan Covid 19 ke petugas lainnya, yang ada dalam kantor.

“Kita tidak tahu, petugas yang dari luar hendak masuk ke kantor apakah bebas dari Covid 19 atau belum. Karena virus itu tidak tampak dari kasat mata. Dampak terhadap korbannya pun tidak langsung terlihat, bahkan sampai satu minggu atau lebih, korban terkadang baru merasakan gejala covid 19. Itu sangat bergantung imun atau kekebalan daya tahan tubuh seseorang,” ungkap Camat Tanjung Raya, Handria Asmi kepada Prokabar.com, Sabtu (27/3).

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Agam hingga Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya sampai ke jajaran nagari dan jorong, sedang bekerja keras melakukan pencegahan dan penanganan di lapangan.

Posko data center gugus tugas penanganan covid 19 berada di Kantor Camat, sehingga akan ada petugas stanbay monitoring melalui teleconference ke walinagari atau jorong. Dalam sehari, akan ada tiga kali monitoring dari petugas piket yang telah ditetapkan sebelumnya.

Petugas yang ke lapangan melakukan pendataan terhadap dugaan ODP, seperti perantau atau warga bekerja mobile ke luar daerah, harus didata dan dilakukan pengecekan kesehatan. Memastikan orang itu tidak membawa wabah tersebut.

Petugas yang sering ke lapangan, jelas sangat rentan terdampak virus, yang dimungkinkan telah menyebar kemana saja. Dengan demikian, kehati-hatian sangat penting dijaga.

“Saat ini, di Kecamatan Tanjung Raya sudah ada sekitar 6 ODP. Dan kemungkinan bisa bertambah. Karena banyaknya perantau yang pulang kampung dari daerah asal pandemi. Kondisi ini cukup riskan dan rentan. Dan memang membutuhkan penanganan dan gerak cepat untuk pencegahan,” tuturnya.

Handria berharap kesiapsiagaan dengan Bilik Sterilisasi ini, dapat mengurangi dampak bahaya Covid 19 ke pada petugas. Memang masih banyak perlengkapan lain dibutuhkan, dan telah diupayakan Pemerintah Kabupaten Agam. Meski demikian, setidaknya upaya tetap terus dilakukan melalui berbagai inovasi.

“Meningkatkan kewaspadaan diri jelas penting pada masing-masing individu. Namun kita harus tetap tenang dan cerdas. Dalam hal ini, setidaknya kita telah berupaya melakukan pencegahan. Dan memberi contoh aksi kepada masyarakat, untuk berbuat sama pada diri dan keluarganya. Semoga Kecamatan Tanjung Raya terhindar dari bahaya Covid 19 ini,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top