Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Kagumi Buya Hamka, Senator Ir. Djafar Alkatiri Berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran

Dibaca : 111

Agam, Prokabar — Senator sekaligus Wakil Ketua DPD RI, Ir. H. Djafar Alkatiri menyempatkan diri berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Kampuang Tangah Tanah Sirah, Jorong Batung Panjang, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (1/12). Ia mengaku sangat berkeinginan untuk melihat langsung rumah yang pernah ditempati sosok tokoh paling tersohor diberbagai belahan dunia.

“Bangsa Indonesia bersyukur, sebagai bangsa mayoritas umat Muslim di dunia memiliki seorang ulama karismatik, berwibawa, istiqomah, sederhana dan memiliki ilmu yang luas. Juga santun dan penuh keteladanan. Beliau ulama melegenda di abad modern ini, yang berkontribusi terhadap perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,” terangnya.

Djafar Alkatiri juga menjelaskan Buya Hamka merupakan sosok tokoh yang berkontribusi memajukan kesejahteraan umat, termasuk memelihara kerukunan umat beragama di Indonesia. “Beliau menjadi panutan ulama di Indonesia. Dan dengan itulah kami sangat bangga dengan sosok Buya Hamka,” tuturnya.

Senator DPD RI asal Sulawesi Utara tersebut juga sangat kagum dan hormat pada Buya Abdul Malik Karim Amrullah. Sehingga menjadi sosok inspirasi dalam memahami agama dan memahami Indonesia.

“Buya Hamka seorang Nationalism sejati, sekaligus ulama yang betul-betul menjaga agamannya. Berharap akan muncul Buya Hamka lainnya yang betul-betul membangkitkan spiritual Agama dan bangsanya,” pungkas Ir. H. Djafar Alkatiri.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kabupaten Agam, Edi Oktaviandi, mendampingi Senator tersebut menambahkan, Buya Hamka sangat harum namanya di masyarakat luar. Dan ini hendaknya menjadi inspirasi semua masyarakat Minangkabau, umumnya di Provinsi Sumatera Barat.

“Penting kiranya kita untuk terus menggerakan perhatian kita pada Tokoh Pahlawan Nasional dan Ulama kita masa lalu. Agar generasi penerus dan kita saat ini dapat meningkatkan kepribadian sebagaimana yang telah mereka titipkan kepada kita saat ini. Dan kunjungan salah satu tokoh nasional ini, membuktikan Buya Hamka adalah sosok inspiratif dan teladan bagi kita semua,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top