Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Kader Posyandu Agam Terpilih Sebagai yang Terbaik di Sumbar

Ilustrasi

Agam, Prokabar — Fitriyeni dari Kader Posyandu Sayang Ibu, Jorong Nagari, Kenagarian Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam keluar sebagai terbaik I lomba Kader Posyandu Berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2019.

Fitriyeni ditetapkan sebagai kader posyandu terbaik kategori kabupaten berdasarkan keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 411-652-2019 tentang penetapan pemenang kader posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019.

Kemudian disusul oleh kader posyandu dari Kabupaten Pasaman Barat sebagai terbaik II, Kabupaten Sijunjung terbaik III, Kabupaten Solok harapan I, Kabupaten Pasaman harapan II dan Kabupaten Tanah Datar harapan III.

Kategori kota, terbaik I diraih kader posyandu dari Kota Sawahlunto. Di susul Kota Padang Panjang terbaik II, terbaik III Kota Bukittinggi, harapan I Kota Pariaman dan harapan II Kota Payakumbuh.

Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengucapkan selamat kepada Fitriyeni yang telah berhasil menjadi terbaik I Kader Posyandu Berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2019. Ia berharap, prestasi ini menjadi motivasi bagi posyandu lain supaya lebih baik kedepannya.

Menurutnya, keberhasilan Fitriyeni tidak terlepas dari sejumlah inovasi yang dijalankannya seperti, merangkul ninik mamak supaya bayi dan ibu hamil bisa terlayani dengan maksimal.

“Dengan begitu, tidak ada alasan bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke Posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, karena mereka dalam pengawasan ninik mamaknya,” ujarnya dilansir dari MC Agam, Kamis (5/9).

Tidak hanya itu, Fitriyeni juga merangkul pengusaha keramba di nagari untuk menyisihkan sedikit hasil panennya sebagai tambahan biaya posyandu. Kemudian merangkul ibu-ibu sasaran untuk membuat keterampilan dari bahan bekas dan dijual sebagai penambah income posyandu.

“Ini lah yang menjadi keunggulan dari Fitriyeni. Kesadaran masyarakat datang ke posyandu sangat tinggi dengan cara melibatkan tokoh adat sebagai orang yang disegani oleh kemenakan” imbuhnya.

Dengan inovasi yang dijalankan Fitriyeni, Ketua TP-PKK Agam mengharapkan agar posyandu lain dapat termotivasi untuk melahirkan inovasi kreatifnya dalam pelayanan posyandu.

Terpisah, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengaku, bangga atas keberhasilan Fitriyeni. Bahkan dalam dua tahun ini Nagari Sungai Batang memiliki dua kader posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat.

“Tahun 2018, dalam penilaian kader posyandu berprestasi tingkat Sumbar, Agam diwakili kader posyandu Melati Jorong Batuang Panjang atas nama Susilawati. Kemudian 2019 diwakili Fitriyeni kader posyandu Sayang Ibu Jorong Nagari,”imbuhnya.

Menurutnya, ini membuktikan kader posyandu di Kecamatan Tanjung Raya cukup diperhitungkan baik di kabupaten maupun provinsi.“Semoga kader posyandu lain juga mengikuti jejak Susilawati dan Fitriyeni dimasa mendatang,” harapnya. (rel/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top