Daerah

Jembatan Rusak, Warga Pinggiran di Pessel Berkeluh Kesah

Pessel, Prokabar – Warga pinggiran di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan berkeluh kesah.

Keluh kesahnya bukan soal bantuan bedah rumah tidak layak huni, iuran BPJS yang sudah mulai naik, atau pun soal abrasi pantai yang mengancam keselamatan warga.

Namun, yang dikeluhkan menyangkut jembatan gantung yang sudah lapuk dan rusak. Bahkan di bagian tengah jembatan terlihat menganga akibat lepas dari penyangga.

Dengan lembaran kertas karton usang, masyarakat menulis permintaan kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Tulisan permintaan ini disodorkan oleh dua orang warga tepat di tengah jembatan rusak tersebut. “Pak Bupati tolong jembatan kami. Pak Bupati jangan lupa, kami butuh jembatan bagus.”

Itulah yang ditulis warga agar jembatan kian hari tidak bertambah parah kerusakannya.

Salah seorang warga, Isman (52) mengatakan, kondisi jembatan Kampung Ganting Kubang sudah seharusnya diperbaiki. Perbaikannya dengan kualitas yang bagus sehingga tidak mudah lapuk bila dilalui saban hari.

Meskipun rusak, warga tetap melintasinya. Masyarakat pun sering terpeleset bila melewati jembatan rusak itu.

“Yang paling parah, lantai bagian tengahnya. Lantainya sudah lepas dari penyangga. Sehingga bagi warga tidak mengetahui kerap terjatuh. Bahkan, ada yang terparah, seorang guru penuh luka saat terpeleset saat melintas, “ujarnya.

Divo (22) seorang pemuda setempat mengakui, perhatian Pemkab untuk memperbaiki jembatan itu tampak setengah hati. Sebab, sudah berulangkali rusak parah, tapi tidak kunjung mendapatkan perbaikan yang layak.

“Terakhir itu diperbaiki jelang Idul Fitri kemarin. Itu direhab. Namun, tidak bertahan lama. Hingga kondisinya kembali rusak seperti ini,” ujarnya lagi.

Warga setempat berharap, pemerintah daerah segera mengupayakan perbaikan jembatan dengan kualitas yang lebih baik, karena, jembatan tersebut sudah menjadi kebutuhan warga sebagai sarana akses transportasi. “Hanya itu harapan kami,” ucapnya.

Terpisah Camat Lengayang, Zoni Eldo kepada wartawan mengatakan, kerusakan jembatan di Kubang Ganting sudah tidak asing lagi.

Jembatan itu, katanya sering rusak akibat sering dilewati oleh mobil bermuatan berat. Sedangkan fisik jembatan tidak ada bantalan sehingga lebih mempermudah kerusakan jembatan.

Ia menambahkan, setiap tahun jembatan tersebut selalu diperbaiki. Bahkan dinas Pekerjaan Umum Pesisir Selatan memperbaiki hingga empat kali dalam setahun.

“Hanya saja, saat ini belum masuk pada tahap waktunya, “tutupnya,(min)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top