Wisata

Januari 2020, Wisatawan Asal Cina Akan Berkunjung ke Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar – Mulai Januari tahun 2020 mendatang, wisatawan asal Cina akan mulai berkunjung ke Tanah Datar. Istano Basa Pagaruyung dan Pacu Jawi menjadi tujuan para wisatawan negara berjuluk Negeri Tirai Bambu itu.

Hal ini diungkapkan Abdul Hakim, Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga Kabupaten Tanah Datar saat menutup kegiatan event Pacu Jawi di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Sabtu (9/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk menyambut wisatawan asal cina itu, pemerintah kabupaten akan duduk bersama untuk mengevaluasi dan berbenah dengan pengurus Persatuan Olahraga Pacu Jawi (PORWI). Pertemuan yang akan digelar ini juga untuk menetapkan kalender event kegiatan pacu jawi tahun 2020 mendatang.

“Jika sebelumnya, pelaksanaan pacu jawi sering berubah jadwal, dengan adanya kunjungan wisatawan Cina ini, nantinya jangan ada lagi jadwal pelaksanaan pacu jawi di kecamatan yang berubah-ubah. Kalau tempatnya berubah itu tidak masalah, harinya jangan. Karena kita telah mengedarkan jadwal pelaksanaan ke tingkat provinsi, nasional bahkan mancanegara. Kalau berubah-ubah itu, susah buat wisatawan untuk berkunjung, ” ucap Abdul Hakim.

Adanya kunjungan wisatawan asal Cina ke Tanah Datar mulai Januari 2020 nanti, Abdul Hakim mengatakan jika hal ini seiring dengan dibukanya rute penerbangan langsung dari Cina ke bandara International Minangkabau. Selain Cina, tim survey dari Amerika pun juga akan berkunjung untuk menyaksikan secara langsung pacu jawi pada 19 November esok.

“Kemaren sudah di survey oleh tim biro nya, sudah ditetapkan kalau ke Tanah Datar itu, wisatawan Cina akan mengunjungi Istana Pagaruyung dan Pacu Jawi. Selain ke Tanah Datar, juga ada ke destinasi wisata di kabupaten lainnya,” tambah Abdul Hakim.

Untuk mendukung kedatangan wisatawan asal cina itu, khusus untuk pacu jawi, nanti tidak lagi akan dilaksanakan seperti jadwal sebelumnya. Abdul Hakim mengatakan jika pelaksanaan pacu jawi bisa saja dilaksanakan setiap minggu.

“Minimal dulu, kita bisa satu kali dalam satu minggu (pacu jawi) atau bisa kita coba dulu dua kali dalam satu bulan,” tambahnya.

Abdul Hakim juga mengaku jika pada tahun 2020 mendatang, pemerintah kabupaten Tanah Datar kembali menaikan target tingkat kunjungan wisatawan menjadi 1,5 juta wisatawan. Dari jumlah target tersebut, 9 % diantaranya wisatawan mancanegara.(eym)

Berani Komen Itu Baik

Tirto.ID
Loading...
To Top