Daerah

Jangan Kosumsi Buah Duku Berlebihan, Ini Alasannya

Padang, Prokabar  — Buah duku tengah ‘membanjiri’ Kota Padang, hampir di setiap jengkal jalan ada saja masyarakat yang berjualan buah bulat berwarna kuning ini. 

Harganya yang murah membuat buah ini menjadi ‘jajanan’ favorit masyarakat kota Padang saat ini. Dengan harga Rp8.000 hingga Rp10.000 masyarakat sudah bisa menikmati satu kilogram buah tersebut.

Namun, jangan sampai terlena dengan kelezatan buah dan murahnya tersebut karena bisa mendatangkan penyakit yang membahayakan tubuh. Masyarakat harus jeli meng­kondisikan tubuh dengan mengkonsumsi jumlah buah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengatakan harus berhati-hati dalam meng­konsumsi buah tersebut. Jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya.

“Segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak buruk pada kesehatan. Sebenarnya bukan bu­ahnya yang berbahaya na­mun cara memakannya.” ungkapnya saat dihubungi beberapa saat lalu.

Ia menambahkan, sebagian masyarakat banyak yang memakan dengan cara yang salah seperti membuka ku­litnya dengan mulut seperti rambutan. “Ka­rena kulit buah tersebut tentu banyak mengandung kuman, apalagi jika dijual di tepi jalan yang terkena debu langsung, belum lagi sudah banyak tangan yang memegang buah tersebut, jika langsung dibuka dengan mulut tentunya akan mendatangkan pe­nyakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika mengkosumsi duku secara berlebihan juga akan berdampak pada pencernaan. “Buahnyakan ada yang asam, jika di kosumsi dalam jumlah berlebihan akan berdampak pada pencernaan,” sambungnya.

Untuk itu dirinya mengingatkan masyarakat untuk membudayakan hidup bersih, seperti dengan mencuci tangan sebelum makan dan memperhatikan kebersihan. (hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top