Daerah

Jalan Wisata di Padang Ini Kerap Dilalui Kendaraan Tambang

Dibaca : 433

Padang, Prokabar – Jalan Simpang Teluk Kabung hingga ke Sungai Pisang, tembus ke Sungai Pinang, Sungai Nyalo, dan Mandeh merupakan jalan wisata.

Jalan ini dibangun sepanjang 2015 hingga 2019. Pembangunan jalan kawasan wisata mandeh selama empat tahun memakan anggaran sebesar 265 miliar.

Jika ditambah dengan 13 jembatan pada jalan sepanjang 43 km tersebut, maka total 329 miliar pembangunan jalan yang dari APBN untuk kawasan wisata terpadu mandeh.

Dari banyak ruas jalan sepanjang 43 meter tersebut. Pendakian di jalan menuju sungai pisang dari arah Teluk Kabung menjadi yang terberat. Karena terdapat tanjakan yang cukup tinggi mendaki.

Menariknya jalan ini juga kerap dilalui truk yang mengangkut batu bara untuk keperluan PLTU teluk sirih.

Meski sempat dilakukan pembicaraan dengan ninik mamak teluk sirih dan KAN teluk kabung umumnya, namun aktivitas pengangkutan batu bara menuju lokasi pembangkit listrik tenaga uap tetap berlangsung.

Meski jalan yang dilalui bukanlah jalan untuk akses pertambangan, yang notabene harus lah jalan hot mix. Sementara jalan menuju sungai pisang dari simpang Teluk Kabung adalah jalan wisata dengan aspal biasa.

Jika tidak dilakukan kontrol sejak dini oleh instansi berwenang mulai kepolisian, dinas perhubungan padang dan dishub sumbar, atau pun dari internal pengelola PLTU sendiri dari PLN, bukan tidak mungkin akan ada korban Laka lantas kedepannya.

Sepanjang 2021 ini, kecelakaan lalu lintas pertama terjadi awal pekan ini. Laka lantas tunggal terjadi pada (12/4) Petang.

“Kecelakaan tunggal diperkirakan terjadi pukul 15.15. ini didasarkan atas kendaraan yang sama lewat di depan depo Pertamina Teluk Kabung pada pukul tiga kurang sepuluh,” sebut Brigadir Agung anggota unit Laka Lantas Polsek Bungus Teluk Kabung.

 

Kendaraan bernomor polisi BK 9026 EL ini diperkirakan mengangkut lebih dari 25 ton batu bara dari arah muaro bungo jambi.

“Laka lantas diperkirakan akibat tonase truk puluhan ton begitu tinggi yang membuat kendaraan berat tersebut terjungkal ke belakang. Tidak ada korban jiwa namun butuj waktu untuk proses evakuasi.” Sebut Ipda Otrianus Panit 1 Polsek Bungus Teluk Kabung.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top