Daerah

Jalan Provinsi di Tanah Datar Butuh Perbaikan

Jalan terban di Tanah Datar yang perlu segera diperbaiki.

Dibaca : 179

Tanah Datar, Prokabar – Ruas jalan provinsi di Kabupaten Tanah Datar masih dalam kondisi rusak. Selain berlobang dan bergelombang, di beberapa titik juga terdapat badan jalan yang terban.

Seperti ruas jalan menghubungkan Tanah Datar dengan Kabupaten Sijunjung via Sitangkai. Di Kenagarian Baringin, Lima Kaum tepatnya, terdapat badan jalan yang terban ke Sungai Batang Selo.

Begitu juga di Kenagarian Atar, Padang Ganting. Di Nagari tersebut, juga terdapat satu titik yang terban dan belum mendapatkan sentuhan perbaikan.

“Kalau yang terban di perbatasan dengan Nagari Taluk itu sudah lama. Belum juga ada perbaikan,” ungkap Wali Nagari, Halyu Pardi saat ditemui di kantornya, Senen (29/3).

Sementara, satu titik jalan rusak yang sempat ditanami pohon pisang oleh warga, sudah ditindaklanjuti pihak terkait. Dimana, jalan rusak tersebut saat ini ditutupi dengan sirtukil yang dipadatkan dengan alat berat.

“Kemarin sempat ditanam pisang oleh warga, tapi kini sudah diperbaiki. Tapi masih ada satu titik yang rusak juga, depan SMP,” tambahnya.

Jalan rusak yang butuh perbaikan di Batusangkar.

Ia mengaku, secara administrasi telah menyurati dinas PUPR Kabupaten Tanah Datar agar bisa ditindak lanjuti.

“Sebagai pemerintahan nagari, tentu kami hanya bisa menyurati dan telah dilakukan. Harapan kami, jalan tersebut dapat diperbaiki karena rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” harap Wali Nagari.

Ketiadaan drainase dan ruas jalan yang dominan berada ditepi tebing, diduga menjadi penyebab rusaknya  ruas jalan penghubung antar kabupaten tersebut. Jika hujan tiba, air mengalir ke badan jalan hingga tergenang.

Selain itu, sebagai jalan alternatif menuju jalan lintas Sumatera, ruas jalan ini juga kerap dilalui oleh kendaraan bertonase besar. Padahal, lebar badan jalan tergolong sempit untuk kendaraan berjenis truk. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top