Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Jalan Berlobang, Warga Siguhung Pasang Drum Bekas di Tengah Jalan

Dibaca : 322

Lubuk Basung, Prokabar — Jalan berlobang dan rusak kembali terjadi di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Kerusakan jalan tersebut berada di Nagari Persiapan Siguhung di Jalur Lintas Provinsi Lubuk Basung menuju Bukittinggi.

Tasman, salah seorang pengendara sekaligus tokoh masyarakat serempat mengatakan, kerusakan jalan tersebut sudah sangat membahayakan pengguna jalan. Jalur tersebut sangat ramai dilalui, karena merupakan lintas provinsi. Selain kendara dari Lubuk Basung menuju Maninjau, jalan tersebut juga dilalu kendaran dari Pasaman Barat menuju Kota Bukittinggi.

“Jalan berlubang sangat berbahaya bagi masyarakat. Sebab sudah banyak kejadian kecelakaan di sini. Ya harapan kami secepat mungkin diperbaiki,” terang Tasman.

Sementara itu, Eki selaku pemuda setempat juga menjelaskan, kerusakan jalan sudah berlangsung 6 bulan lalu. Kerusakan selain diakibatkan musim hujan, jalan ini selalu dilalui kendaraan bermuatan besar.

Di jalan berlubang tersebut juga terdapat sejumlah fasilitas umum. Seperti Sekolah Dasar, Taman Kanak-kanak, Puskesmas Pembantu Siguhung dan Kantor Kenagarian Persiapan Siguhung. “Lokasi tersebut sangat ramai dilalui dan banyak aktifitas di saat waktu-waktu tertentu. Sehingga sangat rawan terjadi kecelakaan,” jelasnya.

Sementara kondisi jalan, sangat sempit dan tidak memiliki irigasi atau saluran airnya. “Sejak kondisi berlobang semakin parah di tengah badan jalan, pengendara sering terjatuh dan kecelakaan tunggal. Seperti kejadian beberapa hari lalu, seorang pengguna jalan terjatuh dan mengalami patah tulang,” tuturnya.

Untuk memberi tanda peringatan kepada pengguna jalan, warga sempat meletakan drum minyak dan pohon pisang ditutupi kain di lokasi jalan berlubang tersebut. “Kami sangat berharap Pemerintah Provinsi Sumatra Barat segera memperbaiki jalan berlobang dan rusak tersebut. Agar lalu lintas kembali lancar dan aman untuk dilalui” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top