Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Jalan Alternatif Malalak Kembali Longsor, Putus Total

Dibaca : 366

Agam, Prokabar — Akses jalan alternatif Sicincin menuju Malalak ke Balingka dan Padang Luar kembali mengalami longsor besar, Sabtu (25/4). Hingga Minggu (26/4) jalan belum bisa dilalui, meski upaya pembersihan sudah mulai dilakukan petugas.

Brigka Desri Fulhadi, Anggota Polsek Ampek Koto menyampaikan jalan tersebut kembali longsor pada sore hari. Jalan tertutup bebatuan besar dan runcing. Disertai tumpukan kerekel dari perbukitan tersebut.

“Sore ini telah terjadi longsor susulan, sehingga jalan Malalak-Sicincin tertutup bebatuan. Hingga saat ini, masih ada pergerakan kerekel atau bebatuan yang turun dari perbukitan tersebut,” ungkap Anggota Polsek Ampek Koto, Polres Bukittinggi tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang atau Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi dalam unggahan videonya juga menyampaikan, akses jalan tersebut hingga saat ini belum bisa dilalui. Berdasarkan pantauannya, jalan tersebut lumpuh total akibat ditutupi material longsor.

Sejumlah bebatuan disertai tanah dan kerekel, menutupi badan jalan. Sehingga tidak bisa dilalui pengguna jalan.

“Lokasi berada di Bukit Ambacang, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. Terlihat akses jalan telah tertutup material longsor dan tidak bisa dilalu pengguna jalan. Selain itu, terdapat batu besar di atas bukit seakan rawan untuk jatuh. Dan terlihat pula pergerakan sejumlah bebatuan dan kerikil dari atas bukit tersebut,” terang Yunaidi.

Akses jalan Sicincin-Malalak-Balingka-Padang Lua itu untuk sementara, ditutup. Sejumlah alat berat sudah sampai di lokasi. Dan akan melakukan pembersihan. Meski demikian para pekerja sangat berhati-hati. Karena lokasi tersebut masih sangat rawan.

“Pengendara untuk saat ini tidak bisa melalui jalan alternatif Malalak-Sicincin. Dan terpaksa mencari akses lain. Dan masyarakat dihimbau untuk tidak melalui jalur tersebut untuk sementara waktu, ” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top