Olah Raga

Jadi Nilai Ekonomi Baru, Samawe Adventure Lakukan Pendakian 30 Gunung


Persiapan jelang pendakian sudah dilakukan Samawe Adventure. Diawali dengan latihan fisik, perijinan dan pengadaan perlengkapan, mereka juga akan latihan pendakian di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

Dibaca : 214

Jakarta, Prokabar – Mei mendatang, Komunitas Samawe Adventure akan menoreh sejarah dalam pendakian 30 gunung di Nusantara. Masa pandemi berkepanjangan ini, Samawe Adventure ingin mengajak masyarakat Indonesia agar bangkit dan semangat menyambut masa depan berslogan adaptasi baru.

Persiapan jelang pendakian sudah dilakukan Samawe Adventure. Diawali dengan latihan fisik, perijinan dan pengadaan perlengkapan, mereka juga akan latihan pendakian di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

“Awal April kita mulai latihan di Gunung Gede Pangrango. Latihan ini melibatkan ahlinya yaitu dari Wanadri. Seminggu tiga kali kita juga joging siang dan malam untuk persiapan fisik,” jelas Awe saat ditemui Prokabar.com.

Pemilik nama lengkap R Bambang Adi Wijaya yang juga founder Samawe Adventure ini mengatakan, gunung perlu dijaga karena merupakan sumber kehidupan manusia.

“Kita tahu sumber kehidupan manusia adalah air, dimana semua hulu sungai, mata air terdapat atau didapat dari gunung. Jika tidak terjaga, daerah air rusak, maka kemungkinan kehidupan akan terancam,” bebernya.

“Dari situlah kita mulai berfikir apa saja yang harus dijaga, yaitu mulai dari habitat, pelestarian, sumber air, masalah sampah yang menjadi masalah utama di gunung pada era milenium saat ini,” ujar Awe menambahkan.

Ekspedisi ini menurut Awe menghasilkan tiga output penting, yaitu jurnal perjalanan, dokumentasi dan buku. Bukan hanya sekedar mendokumentasikan, hasil dari pendakian ini diharapkan

“Dokumentasi perjalanan harian dalam bentuk audio visual akan tayang di kanal YouTube Samawe Adventure. Video dokumenter masing-masing gunung dan masyarakat adat sekitar. Serta rangkuman tertulis berisi jurnal, pengalaman, informasi dan hasil eksplorasi ekspedisi,” sebutnya.

Kegiatan Samawe Adventure rupanya mendapat dukungan dari pelaku usaha asal Kabupaten Temanggung. Anna Saragih mewakili daerahnya sangat menantikan kehadiran tim Samawe Adventure di Gunung Sindoro dan Sumbing.

Menurutnya, selama ini daerah Temanggung belum terlalu terkenal oleh masyarakat luar. Hasil dari perkebunan sangat kaya seperti, tembakau, klengkeng, vanili, itu artinya pertanian tumbuh subur disana.

“Saya sangat berterima kasih bisa bergabung dan mensupport acara Samawe Adventure. Kami dari Temanggung ikut tampil dan mendukung dengan salah satunya menjembatani dengan pemda setempat dan membantu terlaksananya acara di gunung Sindoro dan Sumbing,” kata Anna Saragih.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top