Lebaran2018

Isi Libur Lebaran Dengan Bermain Kepenangkaran Penyu

Padang, Prokabar – Tim gabungan Lebaran 2018 Sumatera Barat telah merekomendasikan sejumlah atraksi wisata unggulan lebaran di ranah Minangkabau. Untuk kota Padang, ada banyak tempat wisata yang unik dan menarik, namun salah satu yang direkomendasi adalah bermain dan belajar ke penangkaran penyu.

Mungkin sebagian masyarakat masih belum begitu menyadari bahwa Kota Padang memiliki tempat penangkaran penyu yang berlokasi kawasan Pasie Jambak. Tidak sulit untuk mencari atau menuju lokasi wisata edukasi ini. Letaknya sekitar 2,5 kilometer dari Pasar Lubuk Buaya. Hanya dengan menyusuri jalan menuju Makko Brimob Padang Sarai, kita akan sampai ke lokasi.

Penangkaran penyu ini dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Samudera Pasie Jambak. Cukup banyak jenis penyu yang bisa dilihat di tempat penangkaran ini. Seperti penyu hijau, penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu lekang. Keempat spesies ini menghuni Pantai Pasie Jambak.

“Jika ingin berlibur dan mencari wisata minat khusus seperti berwisata sambil melestarikan penyu dapat berkunjung ke lokasi ini,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi.

Uniknya lagi, di lokasi ini juga disediakan souvenir cantik bagi yang ingin membawa pulang buah tangan. Setiap uang yang didapat dari hasil penjualan souvenir digunakan untuk koservasi penyu.

Penangkaran penyu ini memang cukup menarik. Bahkan Menteri Kelautan RI, Susi Pudjiastuti juga ikut mendatangi penangkaran penyu ini saat berada di Padang beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, untuk mencapai lokasi ini, pengunjung tidak harus menuju Lubuk Buaya. Pengunjung dapat masuk melalui jalan Pasie Nan Tigo. Namun karena putusnya jembatan ke Pasie Jambak membuat pengunjung harus berputar ke Lubuk Buaya.

Warga dan pokdarwis Samudera Pasia Jambak berharap pemerintah setempat segera memperbaiki jembatan yang putus. Sehingga akses menuju Pasie Jambak semakin mudah dan dekat.

(*/hdp)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top