Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Upaya Puskesmas Mapaddegat Jadi Jadi Pusat Kesehatan Pariwisata yang Ramah Anak

Dibaca : 447

Mentawai, Prokabar — Kepala Puskesmas Mapaddegat, Kabupaten Kepupauan Mentawai,  Steffanie Ribkha Euodia, mengatakan sejumlah upaya saat ini dilakukan untuk mewujukan Puskesmas wisata dan ramah anak, antara lain dengan pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) dan perbaikan sarana fisik yang ada, meskipun diakui hal itu tidaklah mudah.

“Perlu ada pembenahan baik SDM atau dari sarana fisik di Puskesmas kita, tapi ini masih ada kendala, untuk melayani pasien asing misalnya SDM kita masih terkendala dengan bahasa,” ujar Steffanie dilansir Prokabar dari MC Mentawai, Selasa (17/12).

Untuk peningkatan SDM khususnya dalam bahasa asing kata dia  pihaknya tengah menggagas adanya English Learning yang bisa mengajarkan  daily speech atau conversation, percakapan kesehatan, cara menyapa, dan etika bertanya kepada pasien dari mancanegara. 

Sementara itu terkait Puskesmas ramah anak, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Sosial setempat mewadahi anak-anak bisa bermain dan terhibur saat berada di Puskesmas.

“Taman bermain anak-anak sudah ada tempatnya, tetapi ternyata banyak binatang yang masuk. Jadi kita menyiapkan fasilitas khusus agar lebih terkontrol dan mudah-mudahan tahun 2020 bisa mulai operasional,” imbuhnya.

Selain taman bermain, Puskesmas Mapaddegat juga memiliki taman  bunga dan toga atau tanaman obat keluarga. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top