Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Terobosan Puskesmas Andalas Cegah Kematian Oleh Penyakit Tidak Menular

Dibaca : 201

Padang, Prokabar — Kecamatan Padang Timur bersama Puskesmas Andalas meluncurkan Program Perhatikan Usia Uda (Hati Uda), sebuah program yang mendorong masyarakat usia produktif untuk peduli dan perhatian terhadap kesehatan pasa penyakit tidak menular.

Kepala Puskesmas Andalas, dr Mela Aryati yang dihubungi Kamis (20/6) mengatakan bahwa program ini diluncurkan karena saat ini angka kematian yang disebabkan penyakit tidak menular semakin tinggi.

“Program ini akan mendorong masyarakat usia produktif atau di atas 15 tahun untuk menskiring (pemeriksaan) kesehatan, seperti berat badan, tinggi badan, gula darah dan lingkar pinggang. Karena akhir-akhir ini kematian oleh penyakit tidak menulat seperti Kanker, Hipertensi, dan Jantung.” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, nantinya masyarakat Padang Timur diberi kartu dimana akan ditanya saat setiap berurusan di kantor camat dan lurah. “Jadi nanti masyarkat yang tidak memiliki kartu akan ke kita (puskesmas) untuk pemeriksaan kesehatan atau untuk konsultasi. Kita harapkan tahun depan ini sudah jadi regulasi dan kita targetkan 100 persen usia produktif sudah di skrining,” ungkapnya.

Tahun lalu, Hipertensi dan Diabetes menjadi penyebab kematian tertinggi oleh penyakit tidak menular. “Dua penyakit tersebut masuk laporan tiap bulan, dan tiga tertinggi penyebab kematian,” ujarnya. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top