Daerah

Ini Salah Satu Sekolah Pelaksana UNBK Pertama Di Agam

Maninjau, Prokabar — Sudah empat tahun penetapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilaksanakan di seluruh Indonesia. Terutama di sekolah tingkat SMP dan SMA atau sederajad.

Sejak penetapan tersebut hanya sebagian kecil sekolah yang mampu menyelenggarakannya. Bahkan di sekolah-sekolah elit di Kota-kota besar pun belum semuannya memulai dari awal penetapan sistem pendidikan tersebut.

Syarat utamanya adalah sekolah yang sudah memiliki alat perangkat komputer. Di Kabupaten Agam, SMP Negeri 1 Tanjung Raya, salah satunya.

Meski berada hanya sebatas daerah dikelilingi perbukitan kalpatera dan Danau Maninjau, bahkan jauh dari pusat pemerintahan, sekolah ini tidak jauh kalah dengan sekolah elit yang ada.

“Hal tersebut membuktikan tingkat kesadaran dan partisipasi alumni beserta masyarakat Tanjung Raya cukup tinggi. Tanpa bantuan mereka, mustahil pelaksanaan UNBK Di SMP 1 Negeri Tanjung Raya terlaksana sejak penetapan aturan Kemendisbud RI tersebut,” tutur Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Raya, Eva Indrayeni kepada Prokabar.com, Senin (22/4).

Ia melanjutkan untuk di hari pertama dan di tahun 2019 ini, jumlah siswa yang ikut UNBK berjumlah 114 orang. “Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun lalu,” terangnya.

SMP Negeri 1 Tanjung Raya sejak 2016 lalu telah mengikuti UNBK. “Saat ini kita telah memiliki 40 unit perangkat komputer. Dan 2 unit labor dengan kapasitas 20 orang beserta komputer,” ungkapnya.

Untuk jadwal ujian, dibagi tiga sesi. Sesi pertama, anak masuk jam 7.30 sampai 9.30 WIB. Sesi kedua, masuk pukul 10.30 dan siap pada pukul 12.30 WIB. Dan sesi ketiga, masuk ke labor pukul 14.00 hingga berakhir 16.00 WIB.

Di lain sisi, mantan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lubuk Basung tersebut berharap agar anak didiknya dapat sukses mengikuti proses UNBK serta melanjutkan pendidikan yang lebih baik nantinya. “Meski saya baru menjabat sebagai Kepala Sekolah di sini, saya akan tetap upayakan maksimal anak-anak didik mendapat pendidikan terbaik,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top