Daerah

Ini Langkah DLH Pessel Kurangi Sampah Plastik

Painan, Prokabar – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendorong penggunaan tumbler atau botol isi ulang dan melakukan langkah efektif untuk mengurangi sampah plastik ke setiap dinas dan sekolah di daerah teraebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan, Jumsu Trisno mengatakan, sejauh ini sudah dilakukan MoU penggunaan tumbler antar dinas serta penerapannya di 72 sekolah adiwiyata di daerah tersebut.

“Sekarang kita hanya tinggal mengoptimalkannya saja. Sebab, setiap dinas dan sekolah adiwiyata telah memiliki pramusaji air isi ulang,” sebut Jumsu Trisno, kemarin.

Ia menjelaskan, inisiasi penggunaan tumbler dilakukan seiring dengan pertumbuhan sampah plastik di daerah tersebut. Sebab, sakin banyak produksi-produksi kemasan air dari plastik memicu tinggi sampah di daerah itu.

“Dan untuk menekannya pada hari peduli sampah kemarin, kami sudah membagikan sebanyak 3.000 tumbler ke sekolah, di antaranya ada dua SD, dua SMP, dan dua SMA,” jelasnya.

Ia mengakui, sejauh ini dalam memasifkan masih perlu dilakukan kerja keras. Sebab, hal tersebut harus memerlukan komitmen dari seluruh pihak dan perjuangan untuk mengubah pola hidup sehari-hari.

“Untuk seluruh pegawai kita di dinas-dinas wajib membawa botol minuman sendiri. Sebab, dinas-dinas sudah menyiapkan air minumnya. Begitu juga saat di acara-acara pemerintahan,” terangnya.

Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan membagikan sejumlah tas ramah lingkungan, terutama untuk para pegawai dan kaum ibu-ibu di daerah itu saat ke pasar.

“Saat ini kita sudah pesan pengadaannya sebanyak 1.000 unit. Ini merupakan modifikasi kambuik dengan lebih terbarukan, dan lebih zaman now,” tutupnya.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top