Daerah

Ini Langkah Disbudpar Pessel Memajukan Wisata Pantai Carocok

Pessel, Prokabar — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudpar) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tengah mempersiapkan tim terpadu untuk mengelola kawasan objek wisata Pantai Carocok, Painan untuk lebih baik.

Kepala Disbudpar Pessel, Hadi Susilo mengatakan, untuk menimalisir persoalan pelayanan di Caracok Painan perlu ada tim khusus untuk menanganinya.

“Sekarang tim terpadu ini sedang kita persiapan, selain melibatkan Dinas Perhubungan, Pol-PP dan PU. Ini nanti juga akan melibatkan Pokdarwis setempat dengan tujuan untuk menata wisata dengan lebih baik,” ujarnya.

Namun, tim terpadu yang sebentuk nanti akan dilengkapi dengan empat seksi sesuai kebutuhan, mulai seksi pelayanan kepariwisataan, seksi keamanan, seksi transportasi, parkir hingga seksi kebersihan dan ditambah dengan koordinator, jelasnya.

“Kalau sekarang dikeroyok banyak OPD, besok bisa memantau dari luar lagi. Dan semuanya kita serahkan kepada tim dengan satu pintu melalui koordinator dengan tujuan kepariwisataan Carocok Painan,” ujarnya.

Lanjut mantan Camat Koto XI Tarusan itu mengatakan, munculnya inisiatif ini, setelah melihat kesulitan menangani persoalan yang terjadi. Sebab, setiap seksi yang akan dibentuk, selama ini harus dikeroyok OPD secara terpisah.

“Jadi kalau tim sudah terbentuk, pimpinan kita (bupati) tidak lagi koordinasi dengan kepala dinas yang banyak. Bisa melalui satu koordinator tim yang menyampaikan langsung,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pembentukan tim ini tidak hanya terkhusus untuk pelayanan terpadu pada lebaran tahun ini saja. Tetapi jika efektif, maka akan dipermanen untuk menangani secara khusus kepariwisataan Carocok Painan.

“Kalau efektif ini akan terus berlanjut, dan lebaran ini adalah tahap uji coba. Kalau tim efektif bekerja, tahun depan kita permanenkan dengan tolak ukurnya pelayanan,” tutupnya,(min)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top