Nasional

Ini Langkah BNN Lindungi Pedesaan dari Peredaran Narkoba

Dibaca : 262

Jakarta, Prokabar — Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN)  Heru Winarko menyebut bahwa saat ini ancaman narkoba tak hanya menyerang perkotaan tapi sudah merambah ke pedesaan.

“Upaya pembangunan desa bersih dari narkoba merupakan langkah strategis yang harus direalisasikan dalam rangka melindungi desa dari ancaman narkoba,” kata Heru

Untuk itu, Heru mengingatkan bahwa narkoba tidak hanya menyerang wilayah yang sedang konflik, melainkan desa yang makmur pun menjadi ancaman peredaran narkoba.

Menurut Heru, para sindikat narkoba akan memanfaatkan tingkat pendapatan dan daya beli yang tinggi pada desa yang makmur untuk memasok narkoba. “Bahkan sindikat narkoba telah mampu mengendalikan aparat desa untuk membantu peredaran narkoba. Hal ini dapat dilihat dari kasus sabu di Sumut di mana salah satu Kepala desanya turut terlibat dalam jaringan narkoba,” papar dia.

Mengingat ancaman ini, ia berharap agar ketahanan desa bisa diperkuat untuk menolak peredaran narkoba agar sebuah daerah bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Sebagai langkah antisipasi, Kepala BNN mengatakan masyarakat desa juga harus diberikan pemahaman tentang bahaya narkoba. Selain itu, BNN juga mengajak berbagai sektor terkait untuk memberikan pengawasan yang lebih ketat pada pelabuhan tikus yang ada di kawasan pesisir.

“Karena itulah kerja sama dengan Kementerian Desa ini menjadi hal yang sangat penting ,”tegas dia. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top