Daerah

Ini Jumlah Sekolah Di Padang yang Melaksanakan UNBK

Padang, Prokabar —Tahun ini sebanyak 54 Sekolah yang berada dibawah Dinas Pendidikan Kota Padang akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk tingkat menengah pertama (SMP) yang akan berlangsung tanggal 22 hingga 25 April 2019.

“Jika digabung dengan MTs dan MTsN ada 73 Sekolah atau 11.156 siswa. Jumlah ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu yang hanya 24 Sekolah.” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius saat desiminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (20/3).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, sekolah yang masih melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) ada sebanyak 41 sekolah atau 3.747 siswa. “Kita tidak paksakan sekolah untuk melaksanakan UNBK, karena ini juga untuk mencegah adanya pemungutan biaya. Namun kita memperbolehkan sekolah menerima sumbangan atau iuran,” ungkapnya.

Menurutnya dengan penerapan UNBK ditingkat SMP/MTs keamanan soal sudah terjamin. “Para murid tidak bisa mencontek karena soalnya berbeda dan baru didapat saat online.” ungkapnya.

Agar suksesnya pelaksanaan UNBK ini pihaknya melakukan sejumlah persiapan seperti melaksanakan simulasi, pengechekan peralatan, dan kesiapan prokor (pemegang kendali dan pasword pembuka soal) serta teknisi. 

Sementara untuk pencapaian ujian nasional (UN) pihaknya optimis bisa mempertahankan peringkat satu baik untuk UNBK maupun UNKP. “Target kita peringkat satu seperti tahun lalu dimana siswa terbaik juga dari Padang. Untuk itu kita berharap orang tua (wali murid) juga menyiapkan anak-anak nya, serta masyarakat menyiapkan kondisi yang kondusif demi kesuksesan UN kali ini,” tutupnya.

Sementara untuk pencapaian ujian nasional (UN) pihaknya optimis bisa mempertahankan peringkat satu baik untuk UNBK maupun UNKP. “Target kita peringkat satu seperti tahun lalu dimana siswa terbaik juga dari Padang. Untuk itu kita berharap orang tua (wali murid) juga menyiapkan anak-anak nya, serta masyarakat menyiapkan kondisi yang kondusif demi kesuksesan UN kali ini,” tutupnya. (hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top