Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Jumlah DPS Pemilihan 2020 di Tanah Datar

Dibaca : 404

Tanah Datar, Prokabar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Tanah Datar tetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) melalui rapat pleno yang digelar, Rabu (9/9).

Hasilnya Daftar Pemilih Sementara dinyatakan sejumlah 256.857 pemilih dengan rincian pemilih Laki-laki sebanyak 126.002 pemilih dan jumlah pemilih Perempuan sebanyak 130.855 pemilih.

Dalam sambutanya, Fahrul Rozi mengatakan untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berkualitas tentu harus memiliki data yang berkualitas.

Meski demikian, bagi warga Kabupaten Tanah Datar yang masih belum terdata untuk dapat bekerjasama dan dapat menghubungi KPU Tanah Datar.

“Kita tidak ingin warga yang sudah memiliki hak pilih itu tidak terdaftar. Kita berharap partai politik, Bawaslu dan peserta Pilkada lainnya juga bisa membantu untuk menghimbau kepada warga masyarakat jika ada yang masih belum terdata atau belum terdaftar untuk dapat menghubungi KPU dan jajaran sampai ketingkat nagari atau bisa langsung datang ke kantor KPU kabupaten Tanah Datar,” harapnya.

Selain itu, Pilkada 2020 yang dilaksanakan ditengah pandemic Covid 19, Rozi menegaskan jika seluruh jajaran KPU Tanah Datar untuk tetap mematuhi protokoldalam setiap kegiatan.

“Ditengah bencana Nonalam Corona Virus Disease (Covid-19) ini kita menegaskan kepada seluruh jajaran KPU untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19”, tutupnya.

Sebelumnya, Fitri Yenti, Komisioner KPU Tanah Datar mengatakan jika Daftar Pemilih Sementara ini akan menjadi rujukan daftar pemilih dalam pilkada, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar 2020.

Sebelum ditetapkan, masing masing kecamatan akan terlebih dahulu menyampaikan rekapitulasi mereka dan pihak KPU sendiri akan meminta tanggapan dari Bawaslu dan partai politik. Jika disetujui, maka akan ditetapkan sebagai DPS.

“Jika mereka semua setuju, kita tetapkan sebagai daftar pemilih sementara untuk pemilihan 2020,” ungkap Fitri Yenti saat ditemui sebelum penyelengaraan rapat pleno rekapitulisai daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat kabupaten. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top