Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Ini Jumlah dan Jadwal PSU di Padang

Padang, Prokabar — Komisi Pemilihan Umum Kota Padang akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di kota Padang, Sabtu (27/4).

Hal ini dilakukan setelah Bawaslu merekomendasikan sebanyak 46 tempat pemungutan suara (TPS) untuk melakukan PSU karena adanya pemilih yang tidak berhak mencoblos di TPS tersebut.

Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati menjelaskan TPS yang melakukan PSU tersebut tersebar di enam kecamatan di Kota Padang, yakni 28 TPS di Lubuk Kilangan,  tujuh TPS di Nanggalo, lima di Padang Timur, tiga TPS di Kuranji, dua di Koto Tangah, dan satu di TPS Lubuk Begalung.

“Setiap TPS yang melakukan PSU berbeda pengulangannya. Misalnya, TPS 01 di Bandar Buat mengulang pungutan suara untuk presiden, sedangkan di TPS 08 mengulang pungutan suara DPD RI, dan DPR RI. Ada juga di TPS lain melakukan PSU semuanya yakni presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Sumbar dan DPRD Padang,” ungkapnya, Rabu (24/4).

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa anggaran pelaksanaan PSU belum diketahui. Pada saat ini tengah diusulkan ke KPU RI. Walaupun tidak ada anggaran nantinya, PSU harus tetap dilakukan.

Komisioner Bawaslu, Firdaus Yusri juga mengatakan, melalui hasil koordinasi yang dilakukan KPU, dari 53 TPS,  hanya dilakukan PSU di 46 TPS.  Semua diputuskan setelah melalui kajian KPU untuk digelar Sabtu nanti.

“Jumlah TPS yang kurang dari yang diusulkan Bawaslu itu tidak jadi persoalan, karena mereka melakukan kajian terkait rekomendasi ini, namun jika KPU tidak melakukan PSU nanti, maka persoalan ini bisa masuk ke ranah pidana,” katanya. (hdp)

Baca Juga :

To Top