Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Imbauan Pemko Padang Terkait Malam Pergantian Tahun

Dibaca : 749

Padang, Prokabar — Pemerintah Kota Padang mengeluarkan imbauan untuk masyarakat terkait malam pergantian tahun dan libur panjang. Melalui selebaran bernomor 451 670/Kesra-2018 terdapat sejumlah poin Imbauan Wali Kota dalam menjaga ketentraman, kenyamanan dan keamanan menjelang dan pasca Natal dan pegantian tahun baru tersebut.

“Seperti biasanya, dalam peringatan Hari Raya Natal dan pergantian Tahun Baru Masehi, Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah selalu mengimbau warga Kota Padang untuk memperhatikan beberapa hal,” ujar Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Kota Padang, Asnel dalam desiminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (26/12).

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam imbauan tersebut, pemerintah juga meminta kepada pemilik, pemimpin mall, BUMN/BUMD, serta usaha lainnya agar memastikan tidak ada karyawan-karyawatinya yang muslim memakai atribut perayaan Natal.

Sekda menambahkan, imbauan selanjutnya yaitu agar menjauhi kegiatan yang melanggar hukum dan penyakit masyarakat (pekat) seperti huru-hara, kebut-kebutan, judi, narkoba, minuman keras, maksiat serta perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Terakhir, Asnel menyebutkan, Wali Kota juga mengimbau masyarakat Kota Padang untuk melaksanakan zikir dan tausyiah di masjid atau musala pada tanggal 31 Desember 2018 sampai pergantian tahun baru.

“Demikian imbauan ini disampaikan, kiranya dapat menjadi perhatian terima kasih,” kata Sekda menutup imbauan Wali Kota Padang. 

Selaras dengan imbauan tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang juga telah mengimbau kepada umat muslim agar tidak ikut-ikutan dalam merayakan natal. Khususnya bagi karyawan dan pegawai agar tidak menggunakan atribut natal. 

Himbauan ini disampaikan menyusul sudah semakin maraknya peringatan natal dan tahun baru dibeberapa toko, hotel dan pusat perbelanjaan. Dibeberapa Plaza dan Hotel serta pusat perbelanjaan yang ada di Padang sudah mulai mendekorasi interior tempat usahanya dengan tema natal.

Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad yang dihubungi Infopublik, mengatakan silahkan masing-masing umat beragama memakai pakaian dan atribut sesuai keyakinannya. Namun tetap patuhi aturan untuk kebaikan bersama.

“Umat islam saya himbau untuk tidak ikut-ikutan merayakanya. Apalagi sampai menggunakan atribut natal. Itu tidak boleh. Jadi jangan campur adukkan antara akidah dengan pergaulan sosial,” katanya. (hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top