Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Harapan Pencari Rinuk Di Danau Maninjau

Dibaca : 312

Tanjung Raya, Prokabar — Matahari terlihat cerah menyinari Danau Maninjau. Saat itu, Selasa siang (9/10), sejumlah nelayan sudah mulai mencari penghidupan dengan memburu hewan endemik yang masih tersisa di danau seluas 99,5 km tersebut. Dan Pensi dan Rinuak sudah kembali bermunculan, dimungkinkan kondisi danau sudah mulai kembali normal.

Di sekitar lokasi konservasi LIPI dan Pusat Penelitian Limnologi, Jorong Kubu, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, terlihat seorang ibu hamil asik mencari Rinuak, di tepi danau. Rinua adalah ikan kecil dan khas yang hanya ada Danau Maninjau.

“Nak kamambali rinuak pak (mau membeli rinuk pak),” Wanita itu menyapa dan menawarkan hasil tangkapannya kepada prokabar.com saat menghampirinya.

Wanita itu bernama Rosdayanti (37). Ia bersama suaminya Abdi (35) dan anak laki-lakinya Fauzan Nur Rahman (4) mencoba menggais rezeki ke danau pagi itu. “Alhamdulillah, kami berhasil menangkap rinuak sekitar 1 kg. Bila bapak berkenan, kami akan menjualnya. Setidaknya, ini sudah dapat pengganjal perut kami untuk saat ini,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, sempat 2 tahun lalu Ikan Rinuak hilang dari peredaran, akibat racun tubo belerang sering melanda danau. “Kami kesulitan mencari rezki karena hanya ini kemampuan yang kami miliki. Kata banyak orang, pemicu utamanya adalah keramba jaring apung serta makanan ikan pelet bertumpuk di dasar danau,” terang Yanti.

Abdi menambahkan, parahnya ikan yang mati atau bangkai ikan terkena tubo belerang, dibuang begitu saja oleh pemiliknya. “Bangkai ikan bertebaran di tengah danau, memperparah kerusakan danau kami,” kata Abdi.

Kami berharap lanjut pria kurus tinggi tersebut. Danau ini, bebas dari pencemaran dari berbagai zat kimia atau faktor lainnya. “Kami sangat berharap agar danau ini kembali bersih dan jernih, sehingga kami rakyat kecil ini dapat kembali hidup sehat dan bahagia. Karena kehidupan kami hanya tertumpang di danau ini,” tutupnya (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top