Trending | News | Daerah | Covid-19

Budaya

Ini Dia Si Bocah Cilik, Lincah Memainkan Tambua di Maninjau

Dibaca : 215

Maninjau, Prokabar — Pesta Tambua Tansa bertabuh di Nagari Maninjau, Rabu siang. 11 tim dari berbagai group sanggar kesenian tradisional ikut andil dalam festival menjelang Ramadhan 1440 Hijriah tersebut. Namun pada penampilan ke tiga, terdapat penampilan unik dan kocak, menghibur penonton pada saat itu.

Mata orang tertuju pada satu anak berumur 5 tahun. Anak kecil itu seakan-akan memimpin group tersebut. Daffa Ramadhan diketahui anak pasangan dari D. Sutan Malano (38) dan Desmawati (38). Ia anak bungsu dari embat bersaudara, bahkan satu-satunya anak laki-laki dari keluraga sederhana tersebut. Merupakan warga Jorong Ambun Pagi, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, pemilik Sanggar Seni Bendang Serumpun yang lahir sejak 2007 lalu.

Menurut D. Sutan Malano, Daffa sejak umur 2 tahun sudah diajarkan bermain tambua. sehingga alat music gendang tersebut sudah sangat dijiwainya. Selain kesenian tambuai, kesenian silat dan tari juga diikuti pula, membuat bocah cilik tersebut semakin lincah.

“Daffa sudah lebih 10 kali tampil di berbagai festival. Sehingga tidak lagi demam panggung. Karena selalu mengikuti latihan dengan senior lainnya, membuat dia berani dan hebat dalam segala gerakan,” ujarnya.

Ia berharap melalu Daffa, anak-anak lainnya dapat mengikuti jejaknya. “Anak-anak seumuran Daffa, hendaknya sudah diajarkan kesenian tradisional. Sehingga kaderisasi kesenian dapat terus berlanjut dan tidak tergerus di era zaman android ini,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top