Budaya

Ini Dia Cara Nagari Maninjau Sambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah

Agam, Prokabar – Api obor terlihat hidup menghiasi malam pergantian tahun hijriah di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar, Senin malam (10/9). Ratusan anak-anak didikan subuh dari se-nagari Maninjau beserta orang tua dan tokoh masyarakat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

Mereka merayakan Tahun Baru 1440 Hijriah dengan pawai obor dan berjalan sekitar 1 kilometer dari Masjid Raya Kukuban melintasi simpang Kantor BRI dan masuk ke gang kecil, menuju Kantor Camat Tanjung Raya. Perjalanan berakhir di halaman Balai Nagari Maninjau sebagai pusat acara utama.

Kegiatan dihadiri langsung Sekdakab Agam, Martias Wanto bersama Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Walinagari Maninjau, Alfian dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto menyebutkan kegiatan tersebut secara merata dilaksanakan masyarakat di seluruh kecamatan se-kabupaten Agam. “Selain pawai obor, ada juga melaksanakan tabligh akbar serta kegiatan keagamaan lainnya. Sedangkan kegiatan tahun baru masehi, Pemkab Agam menstop segala kegiatan hiburan, termasuk menutup tempat hiburan lainnya,” kata Sekda Agam tersebut.

Ia melanjutkan, nilai terpenting menyambut tahun baru islam ini adalah mengajak semua masyarakat Agam untuk muasabah diri. “Untung rugi ibadah selama tahun lalu itu bagaimana? Dan sejauh mana pula tabungan akhirat yang sudah kita amalkan?,” tutur Masrtias Wanto.

Ia melanjutkan setelah kita melakukan muasabah diri, tentu harus ada kelanjutannya. Yaitu merencanakan program dan planing kedepannya. “Momen hijrah dan
Merangkul semua pihak ranah dan rantau untuk terus membenahi anak kemanakan, semakin beriman dan bertaqwa. Pengaruh globalisasi yang kuat, butuh perisai yang kuat dari generasi tua melindungi anak kemenakan kita,” ungkanya lagi.

Sementara itu, Alfian selaku Walinagari Maninjau menyebutkan sebelum pawai obor beberapa jorong sudah memulai kegiatan keagamaan. Seperti semalam seuntuk mengaji, sholat Isa, Shubuh dan tausiah berjemaah di Masjid Ummul Qura Jorong Bancah. Serta beberapa perlombaan silat tradisional, tari dan alat musik gandang tasa.

“Untuk hari ini kita melaksanakan pawai obor yang diikuti ratusan anak-anak didikan subuh bersama orang tua, alim ulama dan ninik mamak. Bersama-sama menyemarakan penyambutan tahun baru Islam ini agar lebih melekat pada generasi muda,” kata Alfian.

Peranan perantau sangat besar pula dalam kegiatan ini. “Dan kami sangat senang bersama-sama saling bahu membahu menegakan kembali marwah keislaman umat muslimin di Nagari Maninjau ini,” tutupnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top