Daerah

Ini Catatan 350 Tahun Kota Padang


Tulisan Adhrian Ascha, Wartawan

Padang, Prokabar –  Hari ini Kota Padang berumur 350 Tahun. Sejarah panjang menghiasi perjalanan kota ini. Banyak pengorbanan, perjuangan dan tentu saja cerita yang diuntai panjang. Apa saja?

– Kota Padang dipimpin oleh Mahyeldi Ansharullah, seorang sarjana pertanian, yang juga alim ulama politisi Partai Keadilan Sejahtera

– Kota Padang memiliki luas hampir 700 km persegi dimana hanya sepertiga dari luas itu yang bisa dihuni. Dua pertiganya adalah kawasan hutan lindung yang membentang sepanjang bukit barisan.

– Kota Padang terdiri dari 11 kecamatan mulai dari Bungus Teluk Kabuang sampai Koto Tangah

– Kota Padang terdiri dari 104 kelurahan, mulai dari Kelurahan Teluk Kabuang Selatan sampai Kelurahan Padang Sarai dan Batipuah Panjang di sebelah utara kota.

– Kota Padang tidak memiliki terminal, tapi sedang diusahakan tuntas, terganjal jalan keluar yang belum ada, sehingga Kementerian Perhubungan menundanya, dari rencana tuntas 2019 terundur menjadi 2020, lokasi terminal di Anak Air masuk Kelurahan Batipuah Panjang Kecamatan Koto Tangah.

– Kita Padang berkembang di bidang kepariwisaataan kalau didasari indikator penerimaan asli daerah, dimana, hanya 500 juta di 2017, menjadi 2,6-2,7 miliar kurang lebih di 2018. bersumber dari loket gunung padang dan pantai air manis.

– Terrdapat empat pejabat eselon dua yang berasal dari perempuan, di kota padang, Kepala Dinas Kesehatan Ferimulyani Hamid, Inspektur Corri Saidan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Muji Susilawati, dan Kepala DPRKPP Padang Yenni Yuliza yang juga plt Kepala Dinas PUPR Padang.

– Kepala Dinas termuda di Kota Padang adalah Medi Iswandi, yang menjabat sebagai kepala Bappeda Kota Padang, kelahiran 1975.

– Camat terakhir yang naik menjadi Kepala Dinas adalah Hendrizal Azhar yang kini menjabat sebagai Kadis Damkar Padang.

– Kampung tertinggal yang mulai menggeliat maju berkembang di Kota Padang adalah Berok Gunung Pangilun di K3camatan Padang Utara dan Kampung Pagang Dalam di Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo. Ini membuktikan tingginya partisipasi dari masyarakat

– Target pendapatan asli daerah Kota Padang 2019 adalah Rp 824 miliar.

– Kota Padang memiliki tiga ruas jalan utama, dimana baru satu yang sudah jadi yaitu Jalur Dua Bypass. Dua lagi dalam proses, jalur dua Pantai Padang sampai BIM, dan jalur timur dimana sebagian masuk Bukit Barisan.

– Tiga pasar satelit sudah dibenahi dan terus berproses. Pasar Lubuak Buaya, Pasar Nanggalo Siteba dan Pasar Balimbiang.

– Kota Padang menuju kota kelas internasional, dengan pembenahan trotoar di etalase kota di ruas ruas padat kendaraan.

– Setiap rabu di Kota Padang ada english day di setiap SMP, persiapan juga menuju kota kelas internasional.

– Di kota padang ada top 40 nasional kategori inovasi, yakni kelas ibu muda mengajak peduli kepada kesehatan ibu dan anak… di puskesmas padang pasir

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top