Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Cara Kominfo Sumbar Bangkitkan Minat Menulis Generasi Muda

Dibaca : 258

Padang, Prokabar — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatra Barat bakal menghidupkan kembali kegiatan literasi yang setahun belakangan mati suri.

Upaya ini disebut Kepala Dinas Kominfo Sumbar Jasman Rizal, sesuai visi misi Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, untuk menciptakan masyarakat madani (beradab) serta meningkatkan SDM cerdas, sehat, beriman, berkarakter dan berkualitas tinggi.

“Literasi penting sebagai pembelajaran, khususnya bagi generasi muda dalam menggalakkan kembali minat tulis dan baca. Kita bakal adakan lagi kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian. Seyogyanya tidak ada kata terlambat dan tamat untuk belajar,” jelasnya, Selasa (30/6).

Dia mengakui bahwa, perkembangan teknologi yang begitu pesat mau tak mau memang mengubah beberapa sendi kehidupan. Permintaan manusia juga mulai bergeser dari konvensional jadi serba instan. Begitu juga dengan kebutuhan informasi.

“Jika dahulu informasi banyak didapat lewat media cetak, saat ini, masyarakat lebih tertarik memperolehnya dari media online,” ungkap dia.

Menurut Jasman Rizal, demikian juga dengan penulisan. Jurnalis lawas tentu tak asing dengan kertas dan mesin tik. Bandingkan situasi sekarang, setiap orang hanya bermodalkan ponsel pintar mampu membuat tulisan, foto bahkan gambar bergerak. Tak dimungkiri, sifat manusia yang menginginkan kemudahan memang sangat terbantu dengan fitur yang tersedia dalam perangkat masa kini.

“Hanya, minat menulis tersebut mulai turun. Terutama pada generasi milenial. Kecenderungan berlebihan pada game mengikis animo mereka untuk menulis. Padahal, lewat tulisan kreativitas lebih tersalurkan,” tambah dia.

Pemerintah kata dia, tak akan lepas tangan terhadap hal tersebut, namun sebagai penerus bangsa, kaum milenial diharapkan responsif terhadap keadaan saat ini. “Hadapi pandemi, isi dengan sesuatu yang positif. Anjuran lebih banyak di rumah sikapi dengan terus berkarya. Salah satunya lewat tulisan,” ujar Jasman.

Mantan Kabiro Humas Setda Sumbar ini juga menekankan pentingnya kualitas dan keakuratan tulisan. “Buatlah tulisan menarik dan berguna bagi orang banyak. Zaman pandemi ini, orang butuh tulisan yang menyejukkan. Hindari fraud dan hoaks. Mari kita bangun bangsa ini dengan tulisan yang berkualitas. Ingat, tulisan yang hebat dapat mengguncang dunia,” tutup dia. (rel)

 


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top