Daerah

Ini Cara Ampuh Warga Di Lubuk Sikaping Antisipasi Pekat

Pasaman, Prokabar — Masyarakat Nagari Tanjung Beringin Utara, Kecamatan Lubuk Sikaping, bersiaga. Pos-pos ronda kembali diaktifkan. Bergitu juga dengan telinga-telinga masyarakat. juga langsung ditegakan. Mengingat, Lubuk Sikaping darurat kriminal pencurian dan asusila.

“Ini sesuai instruksi Pak Kapolsek, Iptu Fion Joni Hayes, juga. Siapa lagi kalau bukan kita warga, yang menciptakan keamanan dan kenyamanan untuk semua,” kata Indra, salah satu warga Komplek Perumahan Tamber, Minggu (24/3).

Tak ayal, diakui Indra, saat ini, sudah banyak lagi pos ronda yang baru berdiri di pemukiman-pemukiman warga. Selain bisa menciptakan keamanan, diyakini adanya pos ronda ini, juga bisa menambah sosialitas sesama masyarakat.

Di sisi lain, tidak saja perihal ronda, masyarakat tampaknya juga mengaktifkan kembali aturan sosial, bila ada masyarakat yang nekat berbuat Pekat.

“Kalau di sini, Perumahan Tamber, kami memberlakukan lagi hukuman sosial. Seperti ketahuan mesum, pelaku bakal kami denda berupa 100 sak semen, dimandikan air comberan, diantar ke kantor Pol PP, lalu ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku dan diketahui keluarga para pelaku. Itu baru satu, banyak lagi aturan warga lainnya yang mesti dipatuhi. Misalnya, saling tegur sapa, hingga saling menjaga kebersihan lingkungan, terutama perihal sampah. Bila melanggar juga ada aturan mainnya,” lanjut Ketua Lingkungan Komplek Tamber, Chandra Firman. (Ola)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top