Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ini Bentuk Dukungan XL Axiata Dalam Mewujudkan Bengkulu menjadi Smart City

Dibaca : 205

Bengkulu, Prokabar — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Business Solutions mendukung Pemerintah Kota Bengkulu mewujudkan keinginan menjadi sebuah kota cerdas (smart city).

Dukungan XL Axiata ini tertuang dalam perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani kedua pihak pada Maret 2020 lalu di Jakarta oleh Walikota Bengkulu, Helmi Hasan dan Chief Enterprise & SME XL Axiata, Feby Sallyanto.

Setelah sempat tertunda karena wabah Covid-19 dalam tiga bulan terakhir, kedua pihak mulai lagi melanjutkan implementasi rencana menuju smart city. Salah satunya berupa penyerahan Router XL dari Program GDK (Gerakan Donasi Kuota) sebanyak 22 unit di Bengkulu, Senin (13/7).

Feby Sallyanto mengatakan, XL Axiata menyambut baik kerjasama dengan Pemkot Bengkulu ini. Banyak layanan solusi berbasis internet dan teknologi digital yang pihaknya miliki yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman di Pemkot Bengkulu guna meningkatkan produktivitas kinerja para pegawai, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat.

“Lebih dari itu, kami sangat menghargai inisiatif Pemkot Bengkulu untuk membangun smart city sebagai cara untuk memajukan Kota Bengkulu dan warganya dengan memanfaatkan keunggulan teknologi digital.” ungkapnya.

Menurut Feby, kerjasama smart city ini mencakup sejumlah sektor strategis dalam pelayanan kepada masyarakat Bengkulu, yaitu pendidikan, kesehatan, operasional, pemberdayaan perempuan, kelautan, perhubungan, dan infrastrukur.

Sementara itu, Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, Teknologi digital berkembang sangat pesat dan menawarkan berbagai solusi yang bisa meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja kita.

“Selama ini kami sudah melihat sendiri, implementasinya di sektor swasta atau di pemerintahan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kami di Pemkot Bengkulu memandang, memang sudah seharusnya kami mengaplikasikan teknologi digital ini untuk meningkatkan kinerja kami dalam membangun daerah dan melayani warga.” ungkapnya.

Menurut Helmi, sebagian besar dari warganya kini juga sudah mengakses layanan data. Begitu pun penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan warganya untuk mendukung berbagai aktivitas. Di sisi lain, jaringan data dengan kualitas bagus juga terus dibangun di Kota Bengkulu, termasuk XL Axiata. Helmi Hasan berharap melalui program smart city ini akan terwujud visi “Kota Bengkulu yang Religius dan Bahagia”.

Pada sektor pendidikan, XL Axiata melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) Gerakan Donasi Kuota – GDK, memberikan dukungan di bidang pendidikan dengan menyediakan router XL untuk kegiatan belajar dan mengajar di 32 sekolah. Sekolah yang mendapatkan fasilitas ini meliputi SMP Negeri di Kota Bengkulu dan beberapa SMA/SMK Negerii.

Fasilitas router XL program GDK tersebut dilengkapi dengan paket data 20GB setiap bulannya secara gratis selama 1 tahun untuk membantu proses belajar mengajar siswa maupun guru. Selain itu pada hari yang sama telah dilakukan perjanjian kerjasama antara XL Business Solution dengan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu dalam pembelian SIM Card Biz yang akan digunakan untuk pengisian Paket WFH selama masa Covid-19 ini dalam mendukung proses belajar secara online.

Pada sektor kesehatan, XL Axiata memberikan solusi digital berupa aplikasi kesehatan untuk Rumah Sakit kota dan puskesmas – puskesmas agar masyarakat dapat melakukan konsultasi online untuk menghindari penumpukan massa di tempat-tempat kesehatan tersebut. Aplikasi tersebut juga akan memuat rekam medis online sehingga terpantau oleh Dinas Kesehatan.

Solusi lain adalah untuk melakukan tracking mobil ambulance dan juga thermal imaging untuk memonitor temperatur tubuh manusia di masa pandemi Covid-19 ini. Tracking atau pemantauan ambulance diperlukan untuk memantau pergerakan ambulance-ambulance dan juga kinerjanya. Selama ini pelaporan yang dilakukan masih dilakukan secara manual melalui WhatsApp Group.

Pada sektor operational, untuk Dinas Perhubungan Kota Bengkulu,  XL Axiata akan memberikan solusi “Smart PJU” untuk efisiensi biaya operational listrik. Solusi ini mampu memberikan manfaat berupa memudahkan pemantauan PJU (Penerangan Jalan Umum), memonitor penggunaan listrik dan mengolah informasi untuk mempermudah perencanaan perawatan dan perbaikan dari PJU.

Sementara itu, di sektor kelautan, melalui program CSR, XL Axiata memberikan dukungan dengan menyediakan handphone 26 unit yang sudah terinstall aplikasi Laut Nusantara kepada para nelayan Bengkulu melalui program Laut Nusantara. Pada bidang pemberdayaan perempuan, XL Axiata akan memberikan dukungan melalui program CSR Sisternet yang kini bisa diakses dalam bentuk aplikasi, yang di dalamnya bisa didapatkan banyak materi edukasi bagi kalangan perempuan, termasuk materi pelatihan pengelolaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

XL Axiata juga bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Bengkulu akan mengadakan lomba video dalam rangka Komitmen XL Axiata untuk mendukung program BNPB dalam mengedukasi informasi mengenai Covid-19 kepada masyarakat.

Guna mendukung smart city Kota Bengkulu, XL Axiata memastikan akan menyiapkan jaringan data yang memadai. Saat ini tercatat ada sekitar 410 BTS termasuk 175 di antaranya BTS 4G yang melayani sekitar 122 ribu pelanggan di ibukota Provinsi Bengkulu ini. Hampir semua kelurahan di kota ini telah terlayani dengan jaringan 4G. (rel)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top