Trending | News | Daerah | Covid-19

Nasional

Ini 12 Tokoh yang Hadir Memenuhi Undangan Presiden Terkait Kabinet

Dibaca : 159

Padang, Prokabar — Duabelas tokoh lintas generasi, Senin (21/10) hingga pukul 16.47 WIB, telah memenuhi undangan Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Jakarta, untuk berdiskusi tentang berbagai tantangan dalam negeri.

Para tokoh tersebut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Pendiri Gojek Nadiem Makarim, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu, mantan CEO NetTV Wishnutama, mantan TKN Erick Thohir, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketum Golkar Airlangga Hartarto,  Nico Harjanto, Pratikno,  Fadjroel Rachman,  Prabowo Subianto, dan Edhy Prabowo.

Kuat dugaan sebagian besar  tokoh ini  kandidat untuk mengisi posisi-posisi pimpinan instansi negara atau kementerian pada kabinet Kerja Jilid II.

Namun, belum ada kepastian yang diberikan oleh presiden kepada masing-masing kandidat terkait pos lembaga negara mana yang diisi. “Belum ditunjuk secara resmi oleh Pak Presiden posisi apa yang ditempati,” kata Airlangga Hartato salah satu kandidat menteri.

Presiden Joko Widodo mengatakan  mengenalkan sosok menteri yang akan dipilih untuk membantunya dalam lima tahun ke depan pada sehari pasca pelantikan. Paling lama akan diumumkan pada Rabu (23/10) terkait komposisi menteri yang akan masuk dalam kabinet Kerja Jilid II.

“Besok Senin pagi akan diumumkan para menteri sampai sore,” kata Presiden Joko Widodo di Gedung MPR,DPR, dan DPD RI, Minggu (20/10).

Diketahui, Rapat sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) resmi melantik Joko Widodo dan Ma’aruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden, karena mendapatkan suara rakyat paling banyak pada pemilihan umum (Pemilu) Presiden yang diselenggarakan pada Bulan April 2019.

Rapat sidang paripurna MPR dengan agenda pelantikan kedua pemimpin negara terpilih tersebut dilakukan pada sekitar pukul 15.30 WIB dengan dimulai pertama dengan pembacaan petikan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih melalui Pemilu Presiden tahun 2019. (*/hdp)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top