Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ingin Jadi TKI, Persiapkan Hal-hal Berikut Terlebih Dahulu

Dibaca : 268

PasamanProkabar — Masyarakat Pasaman dalam barisan pencari kerja terutama ke luar negeri, jangan berangkat sebelum siap. Apakah itu siap dalan keterampilan di dunia kerja hingga kesiapan dokumen adminitrasi lainnya.

“Ingin jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, tapi tidak siap, itu berbahaya. Kami himbau masyarakat Pasaman jangan sampai ini terjadi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman, Edison, Rabu (12/12).

Saat ini, diakui Edison pihaknya telah bekerja sama dengan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Sumatera Barat perihal polemik TKI.

“Belakangan ini masih marak terjadi penipuan keberangkatan TKI keluar Negeri. Makanya kami gencarkan giat sosialisasi pengiriman dan perlindungan TKI ini ke masing-masing daerah di Pasaman,” kata Edison.

Menurutnya, ada sejumlah langkah yang harus diikuti agar menjadi TKI yang aman, nyaman serta handal ketika memilih bekerja di luar negeri.

“Pertama memilih jalur keberangkatan melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang resmi, sebelum berangkat diharapkan untuk melapor dan membuat kartu pencari kerja ke dinas tenaga kerja hingga mengikuti program asuransi terkait dan segera melaporkan ke KBRI atau Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) jika terjadi permasalahan,” tutup Edison. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top