Wisata

Ingin Habiskan Liburan, Banto Royo Bisa Jadi Pilihan

Agam, Prokabar – Banto Royo, mungkin bisa menjadi pilihan anda dan sekeluarga untuk menghabiskan waktu libur panjang. Banto Royo merupakan sebuah destinasi wisata di Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang saat ini tengah berbenah dan berkembang dalam industri pariwisata Ranah Minang.

Banto Royo terletak di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tengah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Di destinasi wisata yang satu ini setiap pengunjung dapat menikmati pemandangan alam perbukitan yang cukup asri dan kolam ikan yang cukup luas.

Banto Royo berdiri diatas lahan seluas 6,2 hektar dan 80 persen dari wilayahnya terdiri dari air rawa yang telah diolah hingga semenarik mungkin. Wisatawan juga disuguhi dengan pemandangan areal persawahan Kamang dan jejeran bukit barisan.

Di Banto Royo anda dan keluarga juga bisa menikmati berbagai wahana permainan khusus untuk anak seperti flyingfox, kolam renang, seluncuran, jembatan tali dan berbagai permainan lainnya.

Pengurus objek wisata Banto Royo mengatakan, jika dakam satu hari, 10 ribu wisatawan mengunjungi objek wisata ini. Wisatawan pada umumnya datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat dan Bahkan Provinsi lain seperti Riau, Jambi, Medan dan Jakarta.

“Selain wisatawan lokal, 2 persen dari total kunjungan merupakan wisatawan luar negeri, seperti Malaysia, Thailand bahkan Amerika Serikat dan Australia,” ucap Ad, pengurus Banto Royo.

Ia menambahkan, Banto Royo diinisiator oleh seorang perantau Kapau. Banto Royo sendiri berdiri di tanah 3 kaum Tilantang Kamang.
Hebatnya, Penghasilan Banto Royo tidak semata-mata untuk investor, melainkan sebagian disisihkan untuk kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat. Selain itu, seluruh pekerja sepenuhnya melibatkan anak nagari setempat.

“Karena berdiri diatas tanah 3 kaum, maka seluruh pekerja berasal dari anak nagari, terutama 3 kaum. Meski progres pembangunan Banto Royo baru 50 persen, namun tingkat kunjungan sangat memuaskan, dan mendapatkan tempat di hati masyarakat.” tambahnya.

Cukup dengan uang masuk Rp10 ribu, anda dapat menikmati waktu liburan dengan buah hati tercinta. Bagaimana? Apa anda tertarik untuk datang ke destinasi wisata ini?(eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top