Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ingin Berwisata Ke Tanah Datar, Ini 11 Objek Wisata Unggulannya

Dibaca : 3.7K

Tanah Datar, Prokabar — Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Sumatera Barat. Tanah Datar memiliki potensi dan daya tarik wisata yang beraneka ragam. Daerah ini memiliki wisata alam, wisata sejarah, wisata bahari, wisata budaya, dan atraksi seni tradisional masyarakatnya.

Atraksi tradisional yang merupakan tradisi anak nagari yang sangat spesifik, masih dilestarikan oleh masyarakatnya seperti, tari – tarian, lukah gilo, Alu Katentong, Pacu Jawi dan Pacu Kuda.

Luhak Nan Tuo adalah nama lain dari Tanah Datar karena adanya suatu keyakinan bagi masyarakat MinangKabau bahwa Tanah Datar merupakan daerah tempat asal usul orang Minang Kabau. Sebagai buktinya, banyak ditemukan perkampungan tua yang disebut Nagari Tuo Pariangan, dan dari sinilah kemudian orang Minangkabau berkembang dan berpindah ke daerah lain yakni Luhak 50 Kota dan Luhak Agam.

Di Tanah Datar juga banyak ditemukan peninggalan sejarah adat Minangkabau baik berupa benda maupun tatanan budaya adatnya. Masyarakat Tanah Datar sangat dikenal kuat memegang ajaran adat Minangkabau dan agama islam yang berfalsafah “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

Untuk bisa sampai ke Tanah Datar, hanya dua setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan roda 4 dari Bandara Internasional Minangkabau.

Untuk menikmati alam Luhak Nan Tuo yang indah, wisatawan Sangt dianjurkan datang pada pagi hari. Hal ini agar wisatawan saat bisa lebih banyak mengunjungi objek atau destinanasi wisata yang ada.

Kepala Dinas Dinas Pariwisata dan Olah Raga setempat melalui Kabid Pariwisata, Efrison menerangkan, ada beberapa tips berwisata ke Tanah Datar. wisatawan dianjurkan mengunjungi objek-objek yang sudah berusia ratusan tahun. Selain batu-batua, juga dapat dikunjungi Istano Basa Pagaruyung, Istano Silinduang Bulan, Balairung Sari Tabek (usia 400 tahun), Rumah Tuo Balimbiang, Nagari Tuo Pariangan, Benteng Van der Capellen.

” Informasi lengkapnya bisa kita Download di Playstore, pesona tanah datar. Sebelum ke berkunjung ke Destinasi, bisa juga minta informasi ke Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Tanah Datar di Komplek Benteng Vander Capellen Batusangka,” ” terangnya lebih lengkap.

Efrison juga merilis, setidaknya ada 11 destinasi wisata top di Tanah Datar.

1. Istano Basa Pagaruyung
Istano Basa Pagaruyung adalah bangunan rumah adat Minangkabau berbentuk rumah gadang. Komplek Istano Basa Pagaruyung adalah tempat tinggal keluarga kerajaan Minangkabau yang sekaligus menjadi Pusat Kerajaan Minangkabau pada masanya.

2. Nagari Tuo Pariangan
Secara historis Nagari Tuo Pariangan merupakan nagari atqu daerah asal orang Minangkabau Sumatera Barat. Sebuah media pariwisata berpengaruh dari New York, Amerika Serikat,  menjatuhkan pilihan pada Nagari Pariangan, Kabupaten Tanah Datar sebagai Desa terindah di dunia.

3. Panorama Puncak Pato
Panorama Puncak Pato adalah salah satu destinasi alam unggulan Kabupaten Tanah Datar. Dari Puncak Pato bisa disaksikan pemandangan yang luar biasa indah, seperti perkampungan penduduk, hamparan sawah dengan udara yang sejuk dan bahkan jika cuara cerah bisa disaksikan danau Singkarak dan Gunung Merapi

4. Panorama Tabek Patah
Panorama Tabek Patah memiliki Alam yang indah dan sejuk, dikelilingi oleh perbukitan dan hutan pinus.

5. Danau Singkarak
Danau Singkarak adalah danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah danau Toba di Sumatera Utara. Luas danau Singkarak adalah 11.200 Ha, dan 6.420 Ha diantaranya masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar, selebihnya masuk wilayah Kabupaten Solok. Uniknya Singkarak menghasilkan ikan langka di dunia, yaitu ikan bilih (mystacoleucus padangensis) yang kaya protein.

6. Lembah Anai
Objek wisata cagar alam dengan udaranya yang sejuk ditambah derunya air terjun. Objek wisata ini terletak pada hutan lindung di pinggir jalan raya Padang–Bukittinggi Batusangkar.

7. Batu Angkek-angkek
Mitos Batu Angkek-angkek adalah sebagai pertanda niat seseorang akan terkabul atau tidak. Bila niat seseorang bisa terkabul, maka batu tersebut dapat diangkat dengan mudah, Tapi apabila niat seseorang tidak akan terkabul, maka batu ini akan menjadi berat sekali.

8. Aua Sarumpun
Puncak Aua Sarumpun adalah sebuah bukit dengan pesona ilalang yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Keunikan dari Bukit ini adalah suguhan pemandangan yang luar biasa indahnya. kita akan disuguhkan dengan pemandangan Danau Singkarak, hamparan sawah, Gunung Sago, Marapi, dan Singgalang yang berdiri kokoh.

9.Aia Angek Padang Gantiang
Pemandian air panas di Padang Ganting menyediakan kolam renang untuk pria dan wanita yang letaknya berdampingan. Sumber air panas Padang Ganting selain membawa kesegaran bagi pengunjung, terutama bila mandi berenang, yang sangat berarti sekali air panas ini juga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, remethik dan lain-lain.

10. Pasar Van der Capellen
Pasar Vander Capellen adalah pasar wisata Instagramable dan kekinian “Zaman Now”, yang diadakan di di Benteng Vander Capellen. Di Pasar Van Der Capellen akan ditemukan berbagai makanan dan minuman tradisional khas Tanah Datar, seperti katupek pitalah, katan badadiah, lamang gegek, pisang kapik, nasi padeh, karupuak kuah, kawa daun, niro talua, aia aka, dan lainnya.

11. Pacu Jawi
PACU berarti lomba kecepatan dan Jawi maksudnya Sapi atau Lembu. Di Sumatera Barat sapi biasa disebut dengan Jawi.
Pelaksanaan alek pacu jawi di Kabupaten Tanah Datar dilaksanakan secara bergiliran pada empat kecamatan. Acara dilakukan di sawah milik masyarakat setelah selesai masa panen dan tempatnya tidak tetap pada satu lokasi saja. Dalam satu masa perlombaan, jumlah jawi yang berpacu mencapai 500 hingga 800 ekor.

Nah, Bagaimana?? Tertarik berkunjung ke Tanah Datar???.(eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top