Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Indra Catri: Perlindungan Terhadap Anak Belum Selasai

Dibaca : 184

Lubuk Basung, Prokabar — Pemerintah Kabupaten Agam terima penghargaan Anugrah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 2020. Hal itu sebagai bentuk komitmen Bupati Agam, Indra Catri dan jajarannya dalam memperhatikan perlindungan anak di daerahnya.

Anugerah juga diberikan atas suksesnya Pemerintah Kabupaten Agam dalam melaporkan capaian Sistem Informasi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP) berbasis digital. Bupati Agam salah satu dari 10 kepala daerah penerima penghargaan KPAI. Di Sumatera Barat, Anugerah KPAI 2020 diterima Bupati Agam, Dr. Indra Catri dan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias.

“Dengan diterimanya penghargaan ini bukan berarti program penyelenggaraan perlindungan kepada anak di Kabupaten Agam telah selesai. Namun penghargaan ini akan menjadi motivasi dan dijadikan pemacu dalam mengembangkan secara khusus program perlindungan terhadap anak di Kabupaten Agam,” ujar Dr. Indra Catri saat penerimaan Anugerah KPAI 2020 secara virtual di Aula Utama Kantor Bupati Agam, Rabu (22/7).

Lebih lanjut, di tengah pandemi Covid-19 yang dihadapi sekarang dan dengan penghargaan yang diterima, ada tanggung jawab lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan anak. Menurut Indra Catri, pemenuhan atas hak anak dan memastikan terpenuhinya perlindungan anak dari berbagai bentuk kekerasan merupakan suatu keniscayaan.

“Kedepan kami akan meningkatkan peran masyarakat di dalam perlindungan anak, dengan memperkuat aktivis dan lembaga pemerhati anak yang ada di tiap nagari dan jorong. Disamping itu juga membentuk UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak di Kabupaten Agam,” ungkapnya.

Upaya perlindungan anak akan terus dilakukan secara komprehensif. Pihaknya senantiasa membangun sinergi dengan instansi vertikal, insan pers, hingga pemerintahan terendah.

“Pemerintah daerah, lembaga hukum, lembaga masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, organisasi masyarakat, guru, akademisi, swasta, dan media akan terus bersinergi. Karena anak adalah tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam, Erniwati mengatakan berdasarkan penilaian KPAI terhadap pelaporan SIMEP, Kabupaten Agam dinyatakan layak sebagai satu dari sepuluh penerima anugerah di tingkat kabupaten dan kota.

“Berdasarkan nilai dan kelengkapan, Kabupaten agam dinyatakan layak menerima anugerah kategori pemerintah daerah yang berkomitmen terhadap perlindungan anak,” tuturnya.

Begitu juga dengan sistem pidana peradilan anak yang ditegakkan oleh instansi vertikal, sambung Ermawati sudah memberikan pelayanan dan penegakan hukum yang ramah anak.

“Pemkab Agam bersama Polres Agam sudah melaksanakan sistem penyelenggaraan perlindungan anak yang properlindungan anak dan memenuhi hak anak. Dimana kita mendampingi perkara yang melibatkan anak hingga proses peradilan,” pungkas Erniwati. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top