Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Ilalang dan eksotisme Danau Singkarak Dari Puncak Aua Sarumpun

Dibaca : 666

Tanah Datar, Prokabar — Singkarak geopark. Nama itu terpampang jelas dengan membelakangi danau Singkarak. Hal ini dapat didapati dari atas puncak Aur Sarumpun, di Jorong Siturah Nagari 3 Koto Rambatan,Tanah Datar. Puncak aua sarumpun, menyajikan keindahan danau Singkarak dari ketinggian, hingga bentangan alam bukit barisan.

Jika dulunya, puncak aua sarumpun hanya disinggahi oleh beberapa orang saja dan didominasi masyarakat lokal, namun berbeda dengan saat ini. Tak sedikit orang dari berbagai daerah datang yang hanya snegaja menikmati bentangan alam yang disajikan dari puncak aua sarumpun.

Terlebih, telah adanya sedikit polesan terhadap destinasi wisata puncak Aua Sarumpun itu. Pertama kali sampai di tempat ini, wisatawan akan disuguhkan dengan tanah lapang. Yang paling menarik adalah lanskap disekitarnya, yaitu hamparan ilalang yang banyak diburu untuk spot berfoto.

Untuk bisa sampai ke aua sarumpun tidaklah terlalu jauh dari kota Batusangkar menuju arah Solok via Ombilin. Tepat dipinggir jalan, nantinya wisatawan akan dituntun menaiki tanjakan lebih kurang sepanjang dua kilometer dari ruas jalan utama Ombilin.

Memang, Tingginya tanjakan dan kurang bagusnya akses jalan ke lokasi wisata ini, menjadi kendala bagi wisatawan untuk berkunjung ke puncak aua sarumpun. Jika tidak menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi yang prima, maka tak heran kendaraan anda dimungkinkan hanya bisa menempuh separuh perjalanan saja.

Tidak hanya itu, kendaraan yang tergolong jenis sedan atau city car akan lebih sulit untuk sampai ke puncak aua rasumpun. Efektifnya, untuk bisa sampai kelokasi dianjurkan menggunakan kendaraan roda dua.

Yeni, salah seorang wisatawan dari kota padang mengaku senang bisa tiba dan melihat lansung keindahan puncak aua sarumpun. Sebelumnya, ia mengetahui puncak aua sarumpun dari postingan teman temannya di media sosial.

” ini baru pertama kali kesini. Kemarin itu hanya melihat postingan teman teman di FB. Foto mereka bagus bagus, ilang ilang dengan backgroundnya danau singkarak,” katanya dengan semangat.

Sementara itu, salah seorang pedagang di puncak aua sarumpun mengatakan jika setiap akhir pekan, sabtu dan minggu wisatawan dari berbagai daerah selalu ramai datang berkunjung. Selain pengunjung dengan sanak keluarga, pengunjung lebih didominasi oleh kawula muda.

” alhamdulillah, kalau pengunjung ramai kita ikut jual beli. Biasanya sabtu minggu itu ramai. Kebanyakan anak anak muda yang ingin foto foto,” ungkapnya.

Pada tahun 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memang menggarap potensi alam untuk persiapan perencanaan Danau Singkarak menuju Geopark Nasional 2020.
Pemkab Tanah Datar sendiri mengusulkan sebanyak 20 lokasi untuk dijadikan kawasan Geopark, yang salah satunya Danau Singkarak. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top