Daerah

Ikatan Keluarga Malalo Deklarasikan Jhon Enardi Sebagai Balon Bupati Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar — DPP Ikatan keluarga malalo (IKMAL) dan berserta ninik mamak Batipuah X koto deklarasikan Jhon Enardi Dt. Gadang Bandaro Kayo sebagai bakal calon Bupati Tanah Datar periode 2021-2026. Deklarasi putra asli suku jambak Nagari Guguak Malalo itu terlebih dahulu dilakukan melalui proses adat oleh ninik mamak di balai adat duo koto Guguak Malalo, Minggu (5/10).

Deklarasi yang digagas olek ikmal senusantara dan luar negeri, seperti singapura, malaysia hingga arab saudi dan belanda itu, Jhon Enardi Dt. Gadang Bandaro Kayo digadang gadangkan akan berpasangan dengan ketua DPD Golkar Tanah Datar, Zuldafri Darma.

Ketua DPP IKMAL Ridwan Harun mengatakan tercetusnya pengusungan putra malalo untuk terjun pada pilkada mendatang dimulai dari pertemuan antara perantau IKMAL di salah satu rumah makan di ibu kota Jakarta. Dalam pertemuan tersebut muncul nama Jhon Enardi Dt. Gadang Bandaro Kayo sebagai bakal calon yang akan diusung sebagai orang nomor 1 di Tanah Datar nantinya.

” setelah kami rapat, seluruh nusantara dan luar negeri, sepakat dan mendukung sepenuhnya Jhon Enardi sebagai balon Bupati Kabupaten Tanah Datar,” ucapnya

Dengan telah ditetapkannya balon Bupati, IKMAl juga telah melakukan lobi lobi politik ke beberapa partai politik, atau lebih lanjut
Ridwan Harun menegaskan terhadap 3 partai politik, salah satunya partai Golkar.

” lalu DPP IKMAL tetap melakukan gerakan ke 3 partai politik, Alhamdulillah jawabannya ” monggo mas tentukan wakil Bupatinya Sopo”. Jadi ikmal ditantang oleh elit elit partai politik di jakarta. Jika kita tidak mengambil kesempatan ini, maka hilanglah kesempatan itu, karena politik sangat cair,” tambahnya dengan semangat.

Sementara itu, perwakilan ninik mamak malalo 3 jurai Guguak Malalo, Angku Putiah dalam sambutannya mengatakan sangat berbangga karena baru perdana terjadi pertemuan antara warga Batipuah X koto untuk mengusung putra daerahnya menjadi bakal calon Bupati Tanah Datar mendatang. Dalam kesempatan ini, Angku Putiah juga yakin terhadap Jhon Enardi atas kesiapannya untuk maju dan memimpin Luhak Nan Tuo 5 tahun kedepan.

” sejak dari Masdar Saisa. Tidak ada lagi orang Batipuah X Koto menjadi orang nomor 1 di Tanah Datar, dan terakhir hanya jabatan wakil oleh Hendri Arnis. Saya juga yakin, Datuak Kayo Bandaro Gadang siap untuk maju, baik itu finansial maupun kepemimpinan,” ucapnya.

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi hadirnya Walinagari di Batipuah X koto dalam deklarasi tersebut. Ketua DPD golkar Tanah Datar itu juga mengaku optimis IKMAL memiliki kemampuan dalam memimpin, sehingga bakal calon yang diusung dapat bersaing dalam pemilihan kepala daerah di Tanah Datar.

” Baik dari SDM, pengaruh, IKMAL memiliki kemampuan, tidak hanya di Tanah Datar, melainkan juga di rantau. Melihat potensi itu, kita yakin, pak Jhon Eraldi akan terpilih menjadi Bupati Tanah Datar,” ucapnya dihadapan masyarakat Malalo.

Meski Demikian, dihadapan ninik mamak Batipuah X koto Zuldafari Darma juga mengatakan jika ia belum bisa memastikan Jhon Enardi akan menjadi calon bupati Tanah Datar yang bakal maju atau diusung oleh partai golkar. Zuldafri beralasan, partai golkar sebagai partai besar akan menjadi malu, karena ketua DPDnya kembali ditempatkan sebagai Wakil Bupati.

” Kita dukung, kita sosialisasikan, kita besarkan pak Jhon Eraldi tapi saya selaku ketua partai golkar, partai yang demokratis, partai besar dan terbuka, saya yang juga sebagai wakil bupati tidak mungkin sih ketua partainya mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati. Malu partai,” ucap Zuldafri Darma.

Lebih lanjut Zuldafri Darma mengaku proses akan tetap berjalan, dan meminta waktu kepada IKMAL dan Ninik mamak 3 jurai Batipuah X Koto untuk membahas hal tersebut. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan, pasangan Zudafri Darma sebagai balon Bupati dan berpasangan dengan Jhon Enardi sebagai balon wakil bupati, dan bisa juga terjadi sebaliknya.

” Apakah kami akan swit nantinya atau “pacu lari”, tapi pastikan Bupati dan Wakil Bupati kedepannya sehat jasmani dan rohani. Pastikan,” tambahnya Zuldafri disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.

Sementara itu, Jhon Enardi dalam orasi politiknya mengaku prihatin dengan Tanah Datar yang tidak mengalami perubahan sejak 10 tahun terakhir. Iapun mengatakan apa yang dikerjakan pemimpin di Luhak Nan Tuo selama ini tak lebih dari pencitraan belaka.

“Selama 10 tahun saya amati, belum ada perkembangan signifikan, mohon maaf pak wakil bupati, 5 tahun menjabat bukan berarti tidak bagus. Dimata saya, apa yang saya cita citakan belum terjawab. Satu satu alasannya saya maju karena prihatin dengan Tanah Datar,” ucap Jhon Enardi.

Jhon Enardi juga mengaku akan membenahi Tanah Datar secara iklas dengan mendatangkan investor tanpa membebani PAD Tanah Datar, melainkan memberikan royalti yang akan mensejahterakan masyarakat. Selain itu, Jhon Enardi juga berjanji akan mewakafkan seluruh gajinya jika diberi amanah oleh masyarakat nantiny.

Tak kalah menarik, dalam janji politiknya, beliau berjanji memberikan kesejahteraan lebih kepada Walinagari dan ASN. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top