Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Idul Fitri 2020, Ribuan Warga Sumanik Dipastikan Pulang Basamo


“Zuldafri Darma : kita akan support agenda perantau selama di kampung halaman”

Tanah Datar, Prokabar – Sebanyak 5.000 orang lebih perantau Sumanik, Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar dipastikan pulang bsamo pada hari raya Idul Fitri mendatang.

Selama berada di kampung halaman, para perantau telah mengagendakan berbagai kegiatan seperti halal bi halal, malam hiburan KIM, serta tausiah agama yang akan disampaikan ustad kondang Abdul Somad atau yang lebih akrab disapa UAS.

Hal ini disampaikan ketua Ikatan Keluarga Sumanik (IKS) perantauan H. Zainul Ichwan saat bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma dan Kapolres Tanah Datar AKBP Rochmad Hari Purnomo serta tokoh masyarakat, di Pendopo milik ketua IKS yang terletak di Kenagarian setempat.

Dalam silaturahmi tersebut, IKS berkordinasi dengan pemerintah daerah dan pihak kepolisian serta meminta wejangan terkait penyambutan dan pengamanan, terlebih beberapa agenda besar juga akan dilaksanakan selama perantau berada di kampung halaman.

H. Zainul Ichwan mengungkapkan, perantau IKS tersebar di seluruh pelosok Indonesia dengan jumlah mencapai ribuan orang. Untuk pulang basamo nanti, dari DKI jakarta akan berangkat sebanyak 8 unit bus, dan akan bergabung saat romobongn memasuki pulau Sumatera.

“Dari Jakarta itu, nanti akan berangkat sekitar 8 bus dan dari Lampung hingga Sumbar akan bergabung sekitar 250 unit mobil. Selama di kampung, ada beberapa agenda seperti halal bi halal, malam hiburan, dan tausiah oleh UAS,” katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, rencananya para perantau IKS akan berangkat dari perantauan pada H+ 2 lebaran, dan sampai di kampung halaman pada H+ 4 lebaran. Bagi IKS, pulang basamo se perantauan terakhir dilakukan pada tahun 2013 lalu.

“Dalam jadwalnya kita berangkat H+ 2 Dan tiba H+4. paling lama itu, kita di kampung selama 10 harilah,” lanjutnya.

Sementara itu, terkait kegiatan pulang basamo perantau Sumanik yang tergabung dalam IKS perantauan, Kapolres Tanah Datar mengatakan jika mengapresiasi kordinasi awal yang telah dilakukan oleh ketua IKS.

Dalam hal ini, pihak kepolisian akan mendukung seluruh kegiatan yang telah diagendakan, dan siap menunggu kedatangan panitia untuk berkordinasi lebih lanjut terkait kepulangan perantau IKS.

“Kita menunggu dari panitia, membicarakan teknisnya. Kita liat nanti kegiatannya apa saja, waktunya kapan. Dan baru kita tentukan anggota berapa jumlahnya,” ucap Kapolres AKBP Rochmad Hari Purnomo.

Sementara, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan mendukung penuh kepulangan perantau Sumanik pada hari lebaran mendatang, terlebih pulang basamo IKS terakhir dilakukan pada 2013 lalu.

“Kita akan support perantau. Termasuk agenda IKS saat pulang basamo nanti,” kata Ketua DPD Golkar Tanah Datar ini, sekaligus juga menjadi bakal calon Bupati pada pilkada 2020.

Dimata Zuldafri Darma, perantau telah memberikan perhatian dan kontribusi yang besar dalam memajukan pembangunan daerah di Tanah Datar. Keberhasilan program pembangunan di kampung halaman tidak terlepas dari sinergitas pemerintah daerah dengan potensi perantau.

“Pemerintah daerah dengan keterbatasan anggaran tidak akan bisa berjalan sendiri, Perantaulah yang berperan dalam hal ini,” tutup Zuldafri Darma.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top