Daerah

Hujan Deras, Puncak Pato Longsor

Tanah Datar, Prokabar – Hujan yang mengguyur wilayah Tanah Datar sejak senin dini hari hingga selasa (10/7), mengakibatkan kawasan puncak pato dilanda longsor. Longsor terjadi tepat di sekitar kawasan pelebaran jalan sebelum memasuki objek wisata puncak pato.

Plt Kalaksa BPBD Tanahdatar Revoldesman mengatakan, longsor di kawasan wisata tersebut terjadi sejak Selasa dinihari. BPBD juga telah mengerahkan dua regu dan satu regu dari Pemadam Kebakaran dibantu tim dari Dinas PU, kecamatan dan nagari untuk melakukan pembersihan material longsor yang menutupi bahu jalan lintas Lintau-Batusangkar via Sungayang tersebut.

“Setelah kita mendapatkan informasi kita langsung menurunkan tim gabungan ke lokasi. Namun saat pembersihan, hujan masih tetap turun dan bahkan sempat terjadi longsor susulan,” terangnya.

Para pengendara yang melintas bahkan sempat mengabadikan momen longsor susulan pada Selasa siang. Dalam video tersebut terlihat, pengendara yang membonceng anak dan istrinya ketakutan dan balik arah.

“Beruntung tidak ada korban jiwa saat kejadian. Petugas yang ada dilokasi yang mengetahui akan terjadi longsor susulan mencoba menghentikan pengendara,” ujar Revoldesman.

Revoldesman menjelaskan, longsoron berupa material tanah tersebut dibersihkan dengan menyemprotkan air dari mobil pemadam kebakaran.

Warga dan pengendara yang akan melintasi kawasan rawan longsor diimbau untuk berhati-hati. Pasalnya, cuaca yang kurang bersahabat sejak beberapa hari terakhir dapat menyebabkan longsor dan bencana lainnya. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top